Jenis Bentuk Tubuh yang Mudah Mengalami Nyeri Punggung

Jenis Bentuk Tubuh yang Mudah Mengalami Nyeri Punggung

Image by kompas.com

Trend.Co.Id – Bentuk tubuh wanita bukan terletak pada berat badan ataupun ukuran dada, ternyata lebih dominan pengaruhnya pada risiko nyeri punggung. Postur tubuh bagaimanakah yang memiliki risiko terbesar?

Orang yang mempunyai bentuk tubuh dengan kepala lebih maju ke depan (Leaning towers), adalah golongan orang yang paling mudah terkena nyeri punggung.

Meskipun begitu, bentuk tubuh lainnya, seperti bungkuk (sendok), bokong yang terlaku ke belakang (bridge) dan badan yang terlalu tegap (flat-pack) juga rentan terkena risiko hal serupa.

Sebelumnya, indikator nyeri punggung wanita yakni wanita dengan payudara besar . Akan tetapi menurut studi terbaru bentuk tubuh orang juga turut berperan.

Berdasarkan inspeksi, seperempat wanita yang mengalami nyeri punggung di usia yang masih muda, yaitu 34 tahun. Dijelaskan, 6 dari 10 wanita yang memiliki bentuk tubuh leaning towers merupakan bentuk tubuh yang mudah sekali mengalami nyeri punggung dan 3 dari 10 merasakan kedutan.

Bentuk tubuh yang rentan lainnya ialah bentuk tubuh bridge, yang disertai dengan posisi bentuk tubuh sedikit melengkung atau bungkuk.

Semua hal tersebut tentunya berbanding terbalik dengan wanita yang memiliki bentuk tubuh flat-pack atau tegap. Wanita ini akan jarang sekali mengalami nyeri punggung.

Seorang anggota British Chiropractic Association, Tim Huthful mengungkapkan bahwa bila ingin menghindari nyeri punggung , mencermati postur sangat penting. Dua hal acuan posisinya adalah kepala dan pergelangan kaki sejajar saat ditarik garis lurus.

“Tak usah mengkhawatirkan bentuk tubuh seperti apel atau jam pasir. Terlihat seperti apa postur tubuh dari samping itu jauh lebih penting. Ini bisa membantu menghindari nyeri punggung dan leher,” kata Huthful.

Bentuk tubuh yang baik yaitu harus menampilkan telinga yang segaris dengan, bahu, pinggul, lutut dan pergelangan kaki.

Lalu jika sering kali Anda merasakan nyeri punggung, akan lebih baik untuk merubah postur. Salah satu hal untuk membiasakannya yaitu dengan berdiri dalam posisi rileks lalu perlahan tarik otot-oto perut agar berkontraksi.