Jenis Jenis Mainan Bayi Lima Bulan yang Baik untuk Perkembangan Motorik

Memberikan permainan pada bayi bukan sekedar bayi suka dan tertawa, atau diam saat sedang menangis, namun juga penting disesuaikan dengan usia untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi.

Gadget misalnya, saat diberikan pada anak usia lima bulan, biasanya ia akan sangat serius memperhatikan atau diam saat menangis, namun efeknya sangat buruk bagi perkembangan bayi. Mainan bayi lima bulan semestinya mulai mendukung perkembangan usianya.

Daftar Mainan Bayi Lima Bulan yang Bagus untuk Perkembangan Bayi

Pada usia lima bulan, bayi biasanya sudah mulai menjangkau benda-benda yang menarik perhatiannya. Ia juga sudah mulai berupaya untuk memegangnya. Apabila disodorkan mainan, ia akan berupaya memegang dengan kemampuan tangannya.

Saat dihadapkan pada cermin, bayi usia lima bulan sudah memberikan respon dan tertarik dengan apa yang ia lihat. Pada usia ini, bayi juga sudah mulai mengoceh yang membuat orang tua semakin sayang.

Buat para orang tua yang ingin membelikan mainan pada bayinya yang berusia lima bulan, penting juga mempelajari bagaimana tumbuh kembang bayi di usia ini sehingga jenis mainan pun harus disesuaikan. Berikut ini jenis-jenis mainan bayi usia 5 bulan yang bisa jadi referensi para orang tua:

Mainan dengan warna yang mencolok

Pada usia 5 bulan, bayi sudah mulai fokus dan mengenali warna-warna primer sehingga ia akan tertarik pada mainan dengan warna-warna yang terang. Warna-warna primer seperti merah, hijau, kuning, biru misalnya bisa Anda pilihkan untuk mainan yang akan diberikan.

Jangan pilih warna-warna skunder yang kurang mencolok seperti warna-warna soft, warna gelap dan sebagainya. Pilihan warna primer lebih baik untuk merangsang kemampuan bayi mengenali warna lebih lanjut.

Mainan yang memiliki suara

Di usia 5 bulan juga, bayi biasanya sudah mulai menyukai suara seperti musik. Anda juga bisa membelikan mainan yang mengeluarkan bunyi-bunyian seperti musik untuk membantu perkembangan bayi. Ada banyak jenis mainan anak yang memiliki bunyi-bunyian suara, Anda bisa memilihkannya untuk si buah hati.

Mainan dengan ukuran yang tidak terlalu kecil

Memasuki usia 5 bulan, bayi sudah mulai menginjak tahapan oral, dimana semua barang yang dipegang biasanya akan dimasukkan ke mulut. Fase oral ini menuntut kehati-hatian orang tua untuk memilihkan mainan. Jangan berikan ukuran mainan yang terlalu kecil karena akan rentan masuk ke mulut dan tertelan. Selain itu perhatikan juga kebersihan setiap mainan yang masuk ke dalam mulut bayi.

Mainan yang mudah dipegang

Jenis mainan yang mudah dipegang juga cocok untuk bayi usia 5 bulan. Untuk meningkatkan kemampuan motoriknya dalam memegang benda, berikan permainan yang mudah digenggam bayi. Dengan warna yang mencolok, ukuran yang sedang, mengeluarkan musik dan mudah dipegang tentunya akan membuat bayi Anda senang dengan mainan tersebut.

Mainan dengan bahan yang aman

Untuk si buah hati usia 5 bulan, jika memilihkan mainan berbahan plastik maka pastikan bukan dari jenis plastik daur ulang. Harganya terkadang memang lebih mahal, namun ini penting untuk kesehatan bayi Anda. Terlebih lagi jika mainan tersebut masuk ke dalam mulut bayi. Bila berbahan kain, gunakan jenis kain yang lembut, tidak berbulu dan mudah dibersihkan. Kesehatan dan keselamatan bayi Anda adalah hal yang harus sangat dijaga meskipun dari benda kecil seperti alat permainan.

Mainan gantungan

Jenis mainan lainnya yang cocok untuk usia bayi lima bulan adalah mainan gantungan. Karena pada usia ini bayi lebih banyak berbaring atau tengkurap, maka jenis mainan gantungan cocok untuk usia ini. Orang tua bisa menemani bayi bermain dengan mainan yang digantungkan pada troli, tempat tidur dan sebagainya. Saat ini ada banyak sekali jenis mainan gantungan untuk bayi dengan harga yang juga beragam. Jenis mainan ini lebih tepatnya untuk bayi usia 5 bulan.

Mainan yang diikat

Jenis mainan yang diikatkan di pergelangan tangan bayi, di ikat digantungan tempat tidur atau dimasukkan ke dalam jari seperti boneka jari juga cocok untuk usia anak lima bulan. Dengan posisi masih berbaring atau tengkurap jenis mainan ini akan disukai bayi. Ia akan tertawa dan mengoceh sendiri dengan mainan yang ada di dekatnya atau diikatkan di tangannya.

Jenis mainan berbentuk cermin kecil

Karena bayi usia lima bulan sudah mulai tertarik dengan cermin, maka Anda pun bisa membelikan mainan cermin kecil untuk bayi. Dengan posisi tengkurap, bayi Anda bisa tertawa-tawa dan ceria di depan cermin kecil yang disukainya. Bayi mulai dilatih untuk bisa fokus melihat sesuatu.

Mainan bayi merangkak

Jenis mainan lainnya yang dianjurkan untuk bayi usia 5 bulan adalah jenis mainan yang menstimulasi bayi untuk merangkak. Misalnya mainan yang diikat tali lalu sang ibu menarik dan bayi dengan ceria berusaha untuk mengikutinya. Atau bisa juga berbentuk bola yang akan menstimulasi bayi merangkak lalu mengejarnya.

Mainan berbentuk tranportasi

Mainan mobil-mobilan yang bergerak juga bisa membantu menstimulasi motorik anak untuk bergerak. Pilih bahan mainan yang aman. Misalnya dari kain, pilih lah yang lembut, tidak berbulu dan mudah untuk dibersihkan. Bila dari plastik pastikan bukan dari bahan daur ulang.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Mainan Bayi Usia 5 Bulan

Mainan bukan sekedar mainan, mainan merupakan cara orang tua mengedukasi anak. Jangan sampai niat ingin mengedukasi anak malah jadi musibah yang membahayakan si buah hati. Bila ingin membelikan mainan bayi usia 5 bulan, perhatikan hal-hal berikut:

  1. Bahan yang aman untuk kesehatan
  2. Ukuran yang sedang dan tak bisa masuk ke dalam mulut
  3. Bentuk yang aman dan tidak tajam
  4. Bahan yang kuat dan tidak mudah patah atau pecah
  5. Bahan pewarna yang aman untuk digunakan, usahakan yang sudah memiliki SNI
  6. Tidak kotor atau mudah kotor
  7. Tidak berbentuk tali yang bisa membuat tangan terikat dan sejenisnya.
  8. Mainan harus dijaga kebersihannya karena kuman dan bakteri yang masuk dalam tubuh dapat memicu anak sakit.
  9. Mainan tidak menyebabkan bayi menjadi takut atau menangis

Apakah permainan bagus selalu mahal? Belum tentu, bahkan ibu dan ayah merupakan tempat bermain terbaik untuk anak-anak mereka. Ekspresi wajah yang lucu misalnya, merupakan permainan terbaik untuk membangun kedekatan anak dan orang tua sejak kecil. Mainan terbaik adalah mainan dengan anggota tubuh.

Mainan bayi lima bulan pun sudah bisa Anda coba dengan ekspresi wajah Anda di depan bayi. Bayi mulai akan merespon dengan tertawa atau bahkan menangis jika ekspresi wajah Anda buruk atau menakutkan. Setelah bayi mulai besar, Anda pun sudah bisa mengajak anak membuat mainannya sendiri. Ini adalah cara untuk melatih anak menjadi lebih kreatif.