Jika Bayi Mengalami 7 Kondisi Ini, Ibu Jangan Panik

Jika Bayi Mengalami 7 Kondisi Ini, Ibu Jangan Panik

Tren.Co.Id – Untuk wanita yang baru menjadi ibu kerapkali mengalami kebingungan seputar kehamilan dan perkembangan bayi. Banyak kondisi yang terjadi pada bayi dan ini cukup membuat mereka kebingungan bahkan panik. Namun, sebenarnya ada sebagian kondisi yang masih normal dan sebaiknya anda jangan panik karena hal ini lumrah. Berikut ini 7 kondisi yang sering membuat ibu panik.

baca juga : 4 Gejala Demam Pada Bayi yang Harus Diwaspadai

Apabila bayi mengalami bersin-bersin maka ibu tidak boleh terlalu khawatir sebab bisa jadi ini adalah proses pematangan dari sistem respirasi atau pernapasan bayi. Jadi, bersin fungsinya melegakan rongga hidung dan saluran pernapasan dari berbagai sumber dan partikel-partikel udara.

Untuk bayi sehat, maka selama 48 jam pada feses pertamanya akan bewarna hitam kehijauan, bau seperti susu masam atau basi dan lengket. Ini merupakan pertanda bahwa bayi sehat karena pencernaanya normal.

Menangis adalah salah satu cara untuk bayi berkomunikasi, jadi jangan khawatir. Tetapi jika bayi menangis terus-menerus selama beberapa jam terutama pada sore hari maka bisa jadi bayi menderita kolik.

Semua bayi akan memuntahkan sedikit ASI setelah menyusui dan ini adalah hal yang normal karena bayi belum bisa bersendawa.

Bayi perlu waktu bertahap untuk menyesuaikan dan menemukan posisi yang nyaman saat menyusui. Jadi, jangan panik jika bayi tidak mau disusui anda dapat berkonsultasi dengan konsultan laktasi.

Bayi membawa sebuah tabungan cairan dan lemak yang fungsinya membantu bayi untuk menjalani masa peralihan selama kehidupan di luar rahim. Inilah yang membuat berat bayi akan semakin berkurang karena tabungan tersebut lambat laut akan berkurang.

Untuk bayi yang baru lahir maka sistem tubuhnya masih dipengaruhi oleh hormon estrogen dari ibu. Adanya hormon inilah yang menyebabkan bayi mengeluarkan bercak darah seperti haid pada popoknya. Menurunnya kadar hormon estrogen ini kurang lebih dalah waktu tiga minggu dan setelah itu tidak bewarna merah lagi.

baca juga : Ibu Hamil, Ini 5 Cara Mencegah Keguguran Yang Harus Diperhatikan

 Jika bayi anda mengalami 7 kondisi ini, maka jangan khawatir karena itu adalah kondisi yang memang harus dialami bayi.