Jokowi Janji Akan Bangun Jalan dan Kereta di Papua | Tren.co.id

Jokowi Janji Akan Bangun Jalan dan Kereta di Papua | Tren.co.id

Joko Widodo (Jokowi) Presiden negara Indonesia pernah menjanjikan sejumlah proyek infrastruktur di Papua.

Jokowi mempunyai niat membangun lajur kereta sepanjang 400 km yang membentang dari manokwari hingga sorong. Untuk merealisasikan dan melakukan program jaringan kereta di Papua, Pemerintah Pusat dalam hal ini lingkup Kementerian Perhubungan , dimintai untuk segera mempersiapkan sumber daya manusia di segala sektor perkeretaapian yang diambil langsung dari Papua karena kereta merupakan suatu transportasi yang baru di Papua.

Jokowi menerangkan pembangunan baru bisa dilaksanakan di 2016 karena harus melalui banyak proses studi yang cukup matang. Studinya saja menelan waktu yang lebih dari 1 tahun. Proyek kereta di Papua diperkirakan membutuhkan biaya cukup besar berkisar Rp 10 triliun.

Kemudian Jokowi juga menjanjikan bahwa proyek tersebut akan berjalan dan juga seluruh jalan di kabupaten Papua akan beraspal.

Di acara peresmian pabrik sagu Perhutani di Papua Barat, Jokowi berjanji bahwa di tahun 2018 Papua akan tersambung dengan jalan mulus.

Pada era Presiden Jokowi memang memiliki target melakukan pembangunan jalan Trans Papua. Proyek jalan sepanjang 3.985 km tersebut dikerjakan setiap hari tanpa jeda agar cepat selesai.