Junjung tinggi Toleransi Antar Umat Beragama di Katedral – Istiqlal | Tren.co.id

Junjung tinggi Toleransi Antar Umat Beragama di Katedral – Istiqlal | Tren.co.id

Tren.co.id – Saling bertoleransi antar umat beragama di Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal bukan sesuatu yang luar biasa , toleransi ini tidak hanya dilakukan  saat  hari besar keagamaan saja.

Salah satu pengurus Masjid Istiqlal , Mubarok mengutarakan walaupun berbeda kepercayaan tetapi antar umat beragama tetap saling menghargai satu dengan yang lainnya.

“Ini bukanlah suatu hal yang dianggap baru untuk bekerja sama dengan berbagai pihak terutama mereka  yang melakukan ibadah kebaktian sekarang”. Ucap Mubarok di Masjid Istiqlal , Jakarta Pusat Kamis (24/12/2015).

Beliau menjelaskan, toleransi ini seperti pihak Masjid Istiqlal bisa memberi izin Jemaah Gereja Katedral untuk memberikan lahan parkir selama melakukan ibadah Misa Natal.

“walaupun kami berbeda, tapi yang terpenting bagaimana bisa mengelola perbedaan menjadi persatuan, perbedaan bukan suatu masalah, tetapi harus dikelola sebagaimana mestinya.” Ujar Beliau.

Bukan hanya itu, apabila ada tamu asing yang berkunjung ke Gereja Katedral , lalu mau bersilaturahmi ke masjid Istiqlal maka pihaknya mempersilahkan atau begitu juga sebaliknya , ini sangat menunjukkkan semangat kebersamaan yang tinggi.

Negara Indonesia memang mayoritas penduduknya menganut agama Islam , di juga menambahkan, umat islam mempunyai peran penting dan tanggung jawab yang luar biasa untuk menjaga toleransi antar umat beragama ini.

Setiap agama punya tata cara ibadahnya masing-masing, muslim dan non muslim tentunya juga mempunyai kesempatan yang sama. Dan tidak boleh di campur adukkan.