Kaca Spion di Motor Sebaiknya Jangan Pernah Dilepas!

Kaca Spion di Motor Sebaiknya Jangan Pernah Dilepas!

sumber image : aripitstop.com

Setiap dari bagian motor yang dibuat secara langsung oleh asli pabrikan pasti memiliki peran yang penting. Tidaklah mungkin pabrikan melakukan studi bertahun-tahun jika ada bagian yang tidak begitu diperlukan.

Mungkin perangkat ini yang sering di sepelekan di motor ialah adanya kaca spion. Begitu sering pemilik motor menganggap bahwa kaca spion bawaan dari pabrikan terkesan mengganggu bahkan tak ada yang merasa risih.

Posisinya yang cukup lebar dianggap menghambat untuk selap-selip di jalanan. Jadi, banyak yang mengganti dengan kaca spion yang ukuran kacanya tidak standar atau sangat kecil, atau memiliki batang lebih pendek. Bahkan ada yang sengaja melepas spion motornya agar menyamai motor-motor spot.

Sebaiknya kalian jangan pernah mengganti bahkan melepas kaca spion asal pabrik sebab ini nantinya akan berbahaya untuk keselmatan pengemudi itu sendiri.

Kaca spion sendiri menjadi salah satu komponen keamanan yang di rasa penting. Sebab, mengendarai sepeda motor itu resikonya jauh lebih besar ketimbang mobil. Agar bisa aman di jalan, salah satu caranya adalah dengan tetap terus memantau kondisi lalu lintas di belakang melalui kaca spion.

Kalau di sepeda motor, fungsi dari kaca spion tentu untuk menengok objek yang ada di belakang motor. Kaca spion membantu para pemotor untuk tidak menoleh ke belakang dan tetap konsentrasi ke jalan tiap kali ingin berbelok.

Kalau tidak ada kaca spion, fokus bisa jadi akan terpecah. Begitu di depannya ada kendaraan lain, bisa-bisa terjadi hal hal yang tidak di inginkan

Spion sudah di rancang dengan spesifikasi sesuai motornya. Sebab, posisi duduk setiap motor beda-beda jadi jangan diganti-ganti. Misalnya sepeda motor yang memiliki spion 15 cm jangan diganti menjadi 10 cm sebab nantinya pengendara tidak akan melihat dengan jelas ke belakang.