Kegalauan Tukang Becak terhadap Pentertiban Satpol PP

Kegalauan Tukang Becak terhadap Pentertiban Satpol PP

Kegalauan Tukang Becak terhadap Pentertiban Satpol PP

Tren.co.id – Beberapa hari yang lalu para pengemudi becak kompak untuk melakukan unjuk rasa di depan Balai kota. Mereka, para tukang becak mengeluarkan uneg-uneg kepada pemerintah, karena selama ini pemerintah sepertinya tidak membela atau melindungi para tukang becak. Alasanya adalah ketika mereka sering berhadapan dengan Satpol PP sehingga tak jarang kendaraan berupa becak sering dibawa dan diamankan. Dengan membawa keluhan tersebut yang akhirnya mereka mendatangi sekaligus curhat kepada Gubernur DKI Jakarta Basuk Tjahaja Purnama di Balai Kota.

Menurut para tukang becak bahwa becak merupakan kendaraan yang ramah lingkungan atau go green dan bisa dijadikan tempat curhat bagi sesame tukan becak. Dan apabila masa kampanye tiba becak-becak tersebut dipakainya juga. Mereka mengharapkan kepada Presiden Jokowo Widodo agar memperhatikan kepada mereka para tukang becak yang merasa terpinggirkan selama ini.
Menurut Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum serta Pasal 29 Peraturan Daerah tahun yang sama, bahwa keberadaan becak di Jakarta memang melanggar.

Namun becak-becak tersebut tetap beroperasi dengan bebasnya dan masuk-masuk kampung serta jalan setapak. Melihat mereka merasa terpinggirkan akhirnya ada seorang penarik becak bernama Rasdulah menulis surat terbuka kepada Presiden RI melalui viral di media sosial. Adanya surat terbuka, sepertinya Gubernur DKI Jakarta sudah memberikan toleransi agar becak-becak hanya beroperasi di pemukiman rumah penduduk dan pasar-pasar, tetapi anehnya malah mereka sudah masuk wilayah jalan raya. Sehingga menurut Gubernur DKI Jakarta mengganggu pengendara lain. Karena pelanggaran itulah, maka mereka sering dikejar-kejar oleh Satpol PP setempat.

  • TAG
  • galau tukang becak
  • tukang becak dan satpol pp

BERBAGI

Masarif