Kenapa Daging Apel Bisa Ubah Warnanya Kena Udara ? | Tren.co.id

Kenapa Daging Apel Bisa Ubah Warnanya Kena Udara ? | Tren.co.id

Tren.co.id – Saat anda membiarkan apel yang telah dikupas kena udara bisa berubah warnanya, warna putih dari daging apel bakal berubah secara perlahan. Pernahkah anda menanyakan mengapa daging itu jadi berubah warna hingga cokelat ? Bagi Today I Found Out, bagian dari daging apel berganti warna lantaran mekanisme perlindungan yang dipunya apel dalam melawan bakteri dan jamur.

Penyebab untuk ini merupakan kerusakan sel-sel misalnya saat anda mengiris apel lalu memproduksi enzim tertentu yang ada dalam sel kena oksigen. Saat ini terjadi, enzim bereaksi pada oksigen membuat lapisan yang teroksidasi yang terdapat sejumlah perlindunggan pada benda asing.
Lebih teknism enzim yang dikenal polifenol oksidase atau tirosinase yang terdiri atas enzim monophenol okidase dan katekol oksidase. Jika kena oksigen bakal memproduksi senyawa fenolik di jaringan apel berganti jadi orto-kuinon alias ‘o-kuinon’.

o-kuinon melindunginya dari bakteri beserta jamur lantaran mereka menjadi antiseptic alami O-kuinon sendiri tak punya warna, tapi mereka lebih bereaksi bersama asam amino dan oksigen guna memproduksi melanin. Melanin inilah yang memaparkan bagaimana kita memperoleh warna coklat terhadap sel-sel dari potongan apel.

Bila anda mau potongan apel tetap warna putih, taruh dalam lemari kulkas langsung usai dipotong sekaligus meletakkan irisan apel bersuhu tinggi seperti saat membuat pie apel. Cara ini bakal jauh lebih melambatkan reaksi kimia dan proses oksidasi.
Selain itu anda juga dapat mengoleskan air lemon pada bagian apel yang telah dipotong supaya warna daging tak ubah jadi cokelat. Air itu bakal menghentikan oksidasi polifenol yang bereaksi dengan oksigen lantaran asam dalam air lemon.