Beranda Kesehatan Ternyata 4 Hal Ini Bisa Menjadi Penyebab Anemia

Ternyata 4 Hal Ini Bisa Menjadi Penyebab Anemia

0
BAGIKAN
Penyebab Anemia

Tren.Co.Id –¬†Anemia, di mana salah satu penyakit ini merupakan penyakit yang umum dialami oleh masyarakat yang ada di Indonesia merupakan anemia yang merupakan salah satu akibat dari kekurangan gizi zat besi. Akan tetapi, ada beberapa kondisi lainnya yang bisa memicu berkurangnya sel darah merah atau menurunkan fungsi dari darah merah dalam mengantarkan oksigen, yang di mana hal ini merupakan indikasi terjadinya anemia.

Dijelaskan oleh Dr dr Yustina Anie Inriastuti, MSc, SpGK, Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI), oksigen yang sampai ke dalam sel tubuh melalui adanya aliran sel darah merah, dibutuhkan untuk berbagai macam fungsi. Jika jumlah sel darah merah tidak mencukupi atau bahkan tak mampu dalam mengantarkan oksigen dengan jumlah yang cukup ke dalam sel tubuh yang tengah membutuhkan, maka berbagai macam gangguan bisa saja terjadi atau timbul.

BACA JUGA  Khasiat Keju Mampu Membunuh Sel-Sel Kanker

“Gejala umum yang terjadi dari anemia mulai dari 5L, yakni lesu, letih, lemah, lelah, lalai, sakit kepala, pusing, mata berkunang, mudah mengantuk, mudah capek, serta sulit dalam berkonsentrasi. Di dalam keadaan yang lebih berat, bahkan bisa hingga pucat pada mata, bibir, wajah keseluruhan, dan kulit pada telapak tangan. Yang memang patut untuk diwaspadai adalah, jika gejala sudah cukup parah, akan tetapi pasien masih saja melakukan aktivitasnya.” jelas Dr. Yustina.

BACA JUGA  Hindari Penyakit Lemah Jantung dengan cara alami.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab dari gejala anemia, selain karena kekurangan atau bisa dikatakan defisiensi zat besi atau asupan gizi yang lainnya (asam folat, juga vitamin B12).

  1. Pendarahan yang terjadi akibat dari infeksi, trauma atau luka.
  2. Infeksi malaria yang mengakibatkan sel darah merah menjadi pecah.
  3. Penderita infeksi kronis, TBC, serta HIV/AIDS.
  4. Thalassemia atau kelainan genetik yang menyebabkan bentuk dari hemoglobin sel darah merah abnormal.
BACA JUGA  Atasi Anemia Dengan Meminum Ramuan Dibawah Ini