Beranda Kesehatan Cara untuk menanggulangi diare

Cara untuk menanggulangi diare

0
BAGIKAN
Cara untuk menanggulangi diare
Cara untuk menanggulangi diare

Diare yang merupakan suatu penyakit yang menyerang sistem pencernaan sehingga tubuh mengalami defekasi yang mengakibatkan cairnya tinja atau feses yang dieksresikan, harus ditangani dengan penanganan yang tepat agar penyakit diare yang diderita ini tidak menimbulkan dampak yang serius pada tubuh. Penyakit diare dapat menyebabkan kalium dan natrium dalam tubuh berkurang secara signifikan, oleh karenanya dibutuhkan cairan tubuh yang dapat menggantikan kalium dan natrium dalam tubuh yang hilang. Bagaimanakah cara penanganan untuk menanggulangi penyakit diare?, berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan secara alami sebagai Cara untuk menanggulangi diare, diantaranya :

  1. Membuat oralit.
BACA JUGA  Tips, Cegah Batu Ginjal Dengan Cara Berikut Ini

Seperti yang disebutkan dimuka, penderita diare akan mengalami kelelahan dan dehidrasi yang luar biasa sebagai akibat dari berkurangnya natrium dan kalium dalam tubuh yang hilang. Kalium dan natrium dalam tubuh yang hilang dapat diganti dengan cairan oralit yang terbuat dari garam. Garam mengandung natrium dan kalium yang pas. Jadi pembuatan oralit bagi penderita penyakit diare sangat dianjurkan untuk menggantikan zat – zat yang hilang dalam tubuh. Cara membuat oralit ini adalah dengan merebus air hangat, kemudian diberikan tambahan garam dan sedikit gula dalam takaran yang pas.

  1. Ramuan beras ketan.
BACA JUGA  Makanan Dibawah Ini Dapat Membuat Kensentrasi Anda Meningkat

Ramuan beras ketan ini juga dapat meringankan penyakit diare yang diderita utamanya bagi anda yang menderita penyakit diare akut, ramuan dari beras ketan dapat dibuat dengan cara goreng beras ketan hingga hangus (beras ketan yang digoreng tanpa menggunakan minyak), dan tambahkan kunyit yang juga dibakar hingga hangus. Kemudian anda dapat melumatkan bahan tersebut hingga halus. Seduh beras ketan dan kunyit yang sudah dilumatkan dengan air hangat, konsumsi dengan takaran 3 kali dalam sehari.

  1. Apel cuka.
BACA JUGA  Inilah Tips dan Trik Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cuka apel juga dapat digunakan sebagai obat meredakan diare pada tubuh. Pembuatan cuka apel sebagai bahan untuk meredakan penyakit diare dibuat dengan cara simple yaitu dengan memberikan beberapa tetes cuka apel pada air putih.

Demikian sedikit pengetahuan mengenai Cara untuk menanggulangi diare yang dapat dilakukan dengan sangat mudah dirumah anda jika ada anggota keluarga yang menderita diare.