Beranda Kesehatan Tips Agar Jerawat Tidak Muncul Kembali

Tips Agar Jerawat Tidak Muncul Kembali

707
0
BAGIKAN
Tips Agar Jerawat Tidak Muncul Kembali

Setelah melalui berbagai proses pengobatan dan penyembuhan yang bermacam-macam, kita selalu berharap jerawat tidak akan muncul kembali. Akan tetapi seringkali hal tersebut tidak terkabulkan karena jerawat seringkali masih tetap saja membandel dan muncul kembali. Sehingga, hal tersebut dapat mengganggu banyak aktivitas yang seharusnya kita lakukan terlebih kalau menyangkut kepercayaan diri.

Siapa yang tidak menginginkan wajah mulus dan bersih? Wajah bebas jerawat tentunya akan membuat kita semakin mempesona. Akan tetapi, banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara membasmi jerawat agar tidak muncul kembali. Mereka hanya berusaha mengobati jerawat setiap kali muncul dengan cara yang salah seperti memencet jerawat untuk menghilangkannya tanpa diikuti dengan langkah-langkah yang dapat membuat jerawat itu tidak muncul kembali.

Lalu apa faktor yang paling dasar yang perlu anda tahu? Bagaimana jerawat bisa timbul? Setelah anda bisa menjawabnya barulah anda bisa mengobati dan membasmi jerawat dari wajah anda dan mencegahnya datang kembali.

Langkah-langkah pertama, mulailah dengan mengidentifikasi jenis kulit wajah yang anda miliki. Dan pada umumnya jerawat ditimbulkan karena faktor hormon yang mendorong reproduksi minyak berlebihan serta adanya bakteri yang masuk kedalam pori. Produksi minyak berlebih yang terjadi pada wajah biasanya terjadi di masa-masa puber atau situasi tertentu seperti saat menstruasi dan hamil bagi wanita.

BACA JUGA  Inilah Manfaat Buah Semangka Untuk Kecantikan Anda

Apapun jenis kulit yang anda miliki serta seberapapun banyaknya jerawat yang anda miliki, sebenarnya bisa dibasmi dan sembuh. Semua itu bisa terjadi pada anda jika anda tahu bagaimana memperlakukan dan merawat wajah anda.

Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah kulit mati yang diakibatkan karena seringnya tangan kita meraba dan memegangi muka sehingga menyebabkan sel kulit menjadi rusak, kotor, mati. Selain itu pori-pori kulit juga bisa tersumbat akibat bakteri dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tidak hanya dengan mengandalkan produk-produk berharga mahal saja yang bisa kita lakukan untuk membasmi jerawat. Melainkan juga harus diimbangi dengan keuletan dan ketelatenan anda dalam membersihkan muka serta menjauhkannya dari tangan yang kotor.

Jerawat Pada Wajah
BACA JUGA  Keseringan Tunduk Melihat Ponsel Dapat Berakibat Buruk Pada Tulang Belakang

Kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah memegangi dan memencet jerawat. Padahal itu sangat berbahaya karena dapat menyebabkan jerawat menjadi semakin banyak, dan tahukah anda? memencet jerawat dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan.

Jika anda ingin jerawat tidak muncul kembali ada baiknya anda melakukan perawatan wajah setiap hari. Akan tetapi sebelum melakukan perawatan ada baiknya anda mengenali jenis kulit wajah yang anda miliki, agar tidak salah dalam memilih metode. Berikut beberapa metodenya :

  • Mencuci wajah dengan menggunakan sabun anti jerawat merupakan salah satu solusinya. Dan dianjurkan sebelum mencuci wajah, ada baiknya anda membersihkannya terlebih dahulu dengan menggunakan peeling scrub.
  • Bagi anda yang memiliki kulit wajah berminyak mencuci wajah dengan menggunakan sabun khusus bebas jerawat dapat mengurangi jerawat secara signifikan. Akan tetapi, perlu diingat bahwa mencuci wajah dengan menggunakan sabun terlalu sering dapat menyebabkan wajah menjadi kering. Oleh sebab itu, lakukanlah pencucian wajah secara berkala. Misalnya dua kali dalam sehari yaitu pada pagi hari dan sore hari.
  • Jangan mencuci wajah dengan menggunakan sabun bayi karena hal tersebut dapat mengundang jerawat yang lebih banyak ke wajah anda.
    Bagi anda yang memiliki wajah dengan jenis normal atau kering sebelum mencuci muka dengan menggunakan sabun anti jerawat. Gunakanlah cleanser terlebih dahulu, hal ini dimaksudkan untuk mengangkat kotoran kotoran serta bakteri yang menempel pada wajah.
  • Seperti yang disebutkan di atas selain karena kelebihan minyak dan faktor bakteri penyebab munculnya jerawat adalah sisa sisa sel kulit mati yang tidak terangkat dari wajah. Untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat di kulit wajah, anda bisa melakukannya dengan metode eksfoliasiyaitu sebuah metode pengelupasan dengan menggunakan beberapa jenis produk yang ada di pasaran. Akan tetapi perlu diingat bahwa melakukan eksfoliasi yang terlalu sering dapat menyebabkan kulit menjadi rusak. Maka, lakukanlah maksimal satu bulan sekali.
BACA JUGA  Masker Madu, Jadikan Wajah Bebas Jerawat

Dengan melakukan perawatan wajah secara benar dan rutin setiap hari. Maka anda akan terbebas dari jerawat. Dengan begitu, Jerawat Tidak akan Muncul Kembali. Semoga bermanfaat!