Keunikan Perayaan Tahun Baru Di Berbagai Belahan Dunia

Keunikan Perayaan Tahun Baru Di Berbagai Belahan Dunia

Keunikan Perayaan Tahun Baru Di Berbagai Belahan Dunia

Keunikan perayaan tahun baru di berbagai belahan dunia ? Ya, apalagi hal menarik selain perayaan tahun barunya. Kebanyakan masyarakat sangat menanti-nantikan malam yang dirawakan mulai petang di tanggal 31 Desember setiap tahunnya itu hingga larut malam, berpuncak di pukul 00.00. di mana akan banyak sekali bunyi gelegar dari suara kembang api. Berbagai warna-warnipun menghiasi langit. Ada juga yang merayakannya dengan acara makan-makan. Seperti bakar jagung atau nyate. Di Indonesia sendiri, perayaan malam tahun baru sangat beragam. Namun, tahukah anda bahwa ada banyak sekali perayaan malam tahun baru yang unik di setiap negara? Dalam artikel yang berjudul keunikan perayaan tahun baru di berbagai belahan dunia ini, saya akan memberikan informasi mengenai keunikan perayaan malam tahun baru di beberapa negara.

Apa yang Paling Ditunggu pada Tahun Baru 2015 Mendatang ?

BACA JUGA  Lakukan 3 Hal Menyenangkan Ini Jika Berkunjung ke Goa

Tahun baru selalu saja identik dengan malam perayaan tahun baru. Beberapa keunikan perayaannya di berbagai negara seperti berikut.

1. Amerika Serikat
Di Amerika Serikat, khususnya di New York City malam perayaan tahun baru berpusat di Times Square. Dari berbagai kalangan membanjiri tempat tersebut demi kebersamaan menghitung detik-detik memasuki tahun baru mendatang yang juga disiarkan live di televisi nasional. Sudah lebih 100 tahun malam perayaan ini ditandai dengan tradisinya yang menurunkan bola raksasa. Bola yang berdiameter 182,8 cm tersebut terbuat dari waterford crystal dengan berat mencapai 485,34 kg. Karena diberi hiasan lampu yang banyak sekali, dari kejauhanpun bola tersebut masih bisa terlihat. Tepat pukul 23.59 bola mulai diturunkan di atas gedung bernama One Times Square dari tiang pengikatnya, dan tepat pukul 00.00 bola sampai di bawah. Seperti halnya julukan New York City, bola tersebut mendapat julukan big apple atau apel besar.

BACA JUGA  Cuplikan Buku Terbaru “Semesta setelah dunia” Ade Hashman

2. Australia
Pada umumnya seluruh masyarakat merayakan malam pergantian tahun dengan kembang api. Di Australia Barat, tepatnya kota Pert, kembang api akan diluncurkan dari tongkang sepanjang Sungai Swan. Sejumlah 50.000 manusia yang berkumpul di Brisbane menyaksikannya. Di Pelabuhan Sydney, lebih dari satu juta orang berkumpul untuk merayakannya.

3. Brazil
Selain merayakan malam tahun baru dengan kembang api, di Brazil akan ada pertunjukan musik setelah memasuki tengah malam. Perayaan malam tahun baru yang paling terkenal di Brazil ialah perayaan di Rio de Janeiro, yaitu Pantai Copacabana. Bahkan, masyarakatnya juga mengadakan pertandingan maraton seluruh dunia yaitu Maraton Saint Silvester di kota Sao Paula.

4. Britania Raya
Beribu-ribu masyarakatnya akan mengerubungi Central London dalam perayaan tahun baru. Dari Istana Edinburg, Skotlandia, meriam akan di tembakkan tepat di pukul 00.00 yang disebut dengan Hogmanay. Selama 10 menit, kembang api besar-besaran akan menghiasi langit London Eye, London.

BACA JUGA  Waspada, Tarif Listrik di Tahun 2015 Naik

5. Indonesia
Di Indonesia, negara kita ini sendiri punya beragam cara dalam perayaan tersebut. Di kota-kota besar seperti Jakarta misalnya, masyarakat berkeliling dengan kendaraan bermotor. Bunyi terompet di mana-mana akan terdengar saling bersahutan. Hotel dan penginapan akan memberikan paket murahnya di malam tersebut. Berbagai pertunjukan musik juga akan digelar di tempat-tempat umum. Kebanyakan masyarakat akan memenuhi jalanan untuk bersama-sama memeriahkan malam pergantian tahun. Bahkan di siang hari sudah mulai terdengar bunyi terompet hingga malam harinya, dan diakhiri dengan membanjirnya kembang api di langit yang berwarna-warni.