Khasiat Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Tren.Co.Id – Bunga matahari mempunyai ciri khusus berwarna kuning, dilengkapi bagian tengahnya yang berwarna coklat. Biasanya bunga matahari ditemui pada toko bunga untuk tanaman hias.

Tak hanya bentuknya yang menarik dan cantik, tapi bunga matahari juga dapat digunakan sebagai pengobat permasalahan kesehatan. Sebagian besar orang hanya beranggapan cuma bijinya atau kwaci yang dapat dikonsumsi.

Eit tunggu dulu, nyatanya semua bagian bunga matahari dapat dimanfaatkan. Penasaran bukan? Berikut ini penjelasannya

Ternyata Ini Dia Manfaat Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Seperti yang dilansir dari laman iptek, bunga matahari bisa dimanfaatkan sebagai penurun tekanan darah dan pengurang rasa nyeri. Caranya dengan merebus bunga bersama dengan segelas air sehingga air rebusannya tinggal setengah. Lalu minum seusai makan sebanyak dua kali sehari.

Berikutnya adalah bagian daun, daunnya bisa digunakan sebagai pengobat anti radang, pengurang rasa nyeri dan antimalaria. Cara pengobatannya juga mirip, pertama rebus daun dan konsumsi air rebusannya.

Menurut Dr.James E Duke, Penulis Buku Anti-Ageing Prescription terdapat pada blog Permathic, ada beberapa kandungan biji bunga matahari, contohnya seperti triptopan, kandungan vitamin B kompleks dan B6 yang bermanfaat dalam menjaga kulit agar selalu cantik serta sehat.

Akarnya pun dapat digunakan untuk mengurangi batuk dan mengatasi keputihan, serta pengobat saluran kemih. Anda dapat membelinya pada toko-toko herbal, apabila merebusnya minumlah semasih hangat.

Ada lagi bagian bunga matahari yang bisa dimanfaatkan, yaitu batangnya yang berguna untuk merangsang pembentukan energy vital, liver menjadi tenang, pengeluaran air kemih pun terangsang, sebagai penghilang rasa nyeri ketika buang air kecil.

Itulah tadi beberapa manfaat atau khasiat dari bunga matahari, mulai dari daun sampai dengan batangnya.

fungsi bunga matahari, manfaat bunga matahari