Khasiat Keju Mampu Membunuh Sel-Sel Kanker | Tren.co.id

Khasiat Keju Mampu Membunuh Sel-Sel Kanker | Tren.co.id

Keju adalah produk olahan dari susu yang banyak kita jumpai sekarang dan pastinya disukai oleh banyak orang.Kue atau masakan sudah banyak yang menggunakan keju sebagai bahan utama maupun pelengkap masakan. Keju juga punya kandungan yang hampir sama dengan susu asli seperti kalsium dan protein ada didalamnya. Tapi tahukah sobat tren kalau keju menyimpan banyak kandungan kesehatan lain yang tak terduga?

Baru-baru ini nih sobat tren ada sebuah penemuan terbaru di University of Michigan Amerika serikat, ternyata didalam keju cheddar, Brie, dan Camembert ditemukan nisin-peptida hasil dari bakteria Lactococcus lactis yang mampu membantu membunuh sel tumor pada tikus percobaan.

Peneliti dalam Journal of Applied Microbiology menemukan bahwa pengawet makanan dalam keju ternyata membunuh antara 70-80% sel-sel kanker dalam waktu 9 minggu setelah tikus diberi makan keju. Jika tikus diberikan makanan yang mengandung nisin murni, artinya 20 kali lipat lebih banyak dari kandungan umum dalam makanan, maka manusia membutuhkan lebih banyak dari itu.

Dan menurut para peneliti bahwa nisin bukan hanya mampu untuk membunuh sel kanker didalam tubuh, tetapi dapat pula menyerang bakteri yang tahan dengan antibiotik yang dapat menyebabkan infeksi. Nisin juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan membunuh sekumpulan bakteri yang bekerja sama melawan antibiotik. Namun penelitian ini masih membutuhkan lebih banyak pengembangan, tapi dengan adanya penemuan ini merupakan kabar bahagia bagi kalian sobat tren yang suka banget sama keju.