Kisah Menyedihkan Dibalik Romantisme Patung “La Baiser”

Kisah Menyedihkan Dibalik Romantisme Patung “La Baiser”

Kisah Menyedihkan Dibalik Romantisme Patung “La Baiser” / Rodin Kiss

Francois Auguste Rene Rodin (1840-1917) atau lebih dikenal dengan nama Auguste Rodin, dan biasa dipanggil Rodin, adalah seorang pematung yang populer berasal dari Prancis, dan amat berpengaruh pada sekitar abad XIX, dan awal abad XX.

Pada awalnya, Rodin sempat ditolak tiga kali oleh Ecole de Beaux, sekolah seni rupa yang populer jaman itu. Hingga akhirnya Rodin pun akhirnya bekerja sebagai pembuat dekorasi dari batu.

Awal mula nama Rodin terkenal adalah ketika karyanya ‘The Age of Bronze’ mencuat, karena karyanya ini sangat realistis, banyak kritikus yang tidak percaya Rodin tidak membuat cetakan dari modelnya.

Sepanjang hidupnya Rodin menghasilkan tiga patung marmer berukuran besar yang akhirnya menjadi koleksi di The Museé Rodin di Paris, yang baru dibuka pada November 2015 lalu. La Baiser pun memiliki posisi istemewa yang menjadi sorotan utama ketika memasuki tengah gedung lantai dasar.

Meskipun La Baiser terlihat begitu menarik dan romantis. Tahukah bahwa dibalik romantisme patung La Baiser terdapat kisah kelam?

Sesungguhnya patung La Baiser menggambarkan pasangan pezina dari Divine Comedy karya Dante terutama pada bagian lautan api infermo.

Pasangan pezina, Paolo Malatessa dan Francesca da Rimini pada akhir abad ke-19 kala itu menjadi pasangan yang populer mengalahkan kisah kasih Romeo dan Juliet karya Shakespear. Kisah Paolo bermula ketika kisah cinta Paolo dan Francesca tak sampai, Francesca kala itu dinikahkan dengan adik Paolo karena Paolo sendiri pun saat itu sudah beristri. Tapi pasangan itu selalu berusaha bertemu secara sembunyi-sembunyi, hingga akhirnya dipertemuan terakhir kali dalam hidup mereka. Saat itu pasangan itu baru saja selesai membaca buku Lancelot dan Guinevere, dan mereka berciuman. Saat berposisi seperti itu datanglah suami Francesca yang gelap mata dan langsung membunuh keduanya di tempat. Itulah kisah kelam di balik patung La Baisere.