Kloning Haram! Ini Dampak Negatif Kloning Untuk Kesehatan

Kloning Haram! Ini Dampak Negatif Kloning Untuk Kesehatan

Tren.co.id – Perkembangan teknologi yang semakin maju malah membuat manusia melakukan hal-hal yang berlawanan dengan agama dan kemanusiaan. Salah satu hal tersebut adalah dengan kloning. Kloning diharamkan oleh seluruh agama baik Islam maupun Kristen. Inilah dampak negatif kloning yang harus anda ketahui.

Kloning adalah proses diciptakannya manusia tanpa mempersatukan sel laki-laki dan sel perempuan atau menurut istilah medis Biological Clonne. Proses ini menggunakan materi nuklir yang diekstrasikan dan ditransfer ke sel berikutnya. Awalnya ilmuwan menerapkan kloning pada hewan yang tujuannya menciptakan duplikat makhluk hidup dengan rekayasa genetika. Namun, ilmuwan semakin berkembang dengan melakukan eksperimen men-klon manusia.

Tepatnya tahun 1993 seorang ilmuwan ahli embrio, melakukan eksperimen di George Washington University. Ia mengambil sel-sel dari 17 embrio manusia kemudian mengembangkanya menjadi 32 sel embrio. Namun, tidak semua ilmuwan sepakat dengan eksperimen ini dan menegaskan ada dampak negatif kloning untuk kesehatan.

Dampak Negatif Kloning Untuk Kesehatan

Ilmuwan telah melakukan percobaan dengan seekor tikus. Hewan yang diklon ini mengalami radang paru-paru basah, kegagalan hati dan tumor. Sampai akhirnya hewan pengerat ini mati. Adapun dampak yang lainnya yaitu :

  1. Hewan yang dikloning akan mengalami masalah dengan sistem kekebalan tubuh dan kelainan genetis.
  2. Kelainan kelahiran menjadi alasan hal ini sangat dilarang apalagi jika dilakukan percobaan untuk manusia.
  3. Hewan kloning mengalami arthritis (satu-satunya binatang kloning yang diteliti sangat ketat adalah Dolly si domba kloning)
  4. Penuaan prematur atau lebih tepatnya memiliki rentang umur yang sangat pendek.
  5. Banyak binatang hasil kloning yang dilahirkan dalam keadaan penyakitan atau kerusakan bentuk.

Itulah setidaknya dampak negatif kloning untuk kesehatan. Hal inilah yang melarang sebagian ilmuwan untuk melakukan percobaan kloning manusia. Kloning ini dianggap sebagai teknologi yang belum akurat dengan tingkat kesuksesan yang sangat rendah. Agama dan pemerintahan sangat melarang hal ini karena dianggap sebagai tindakan yang tidak manusiawi. Bagaimana menurut anda?

alasan kloning haram, bahaya kloning