Manfaat Daun Salam Sebagai Obat Tradisional

Manfaat Daun Salam Sebagai Obat Tradisional

01/12/15 7:40 AM

Tren.co.id. Tahukah anda manfaat daun salam ? banyak sekali manfaat daun salam untuk kesehatan. Daun salam tumbuh didaerah yang sejuk. Kebanyakkan daun salam digunakan untu memasak. Daun salam banyak dan tumbuh di Indonesia serta mempunyai aroma yang khas akan tetapi tidak tajam. Daun salam banyak ditemukan di makanan seperti gulai atau rendang.

Manfaat Daun Salam Sebagai Obat Tradisional

Buah dari salam juga bermanfaat juga mampu menghilangkan efek mabuk. Buah yang berwarna merah dan berbentuk bulat kecil juga mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut jelasnya mengenai manfaat daun salam juga untuk pengobatan tradisional :

1. Untuk obat sakit perut
2. Untuk menghentikan buang air besar yang berlebihan ( diare )
3. Melancarkan peredaran darah
4. Radang lambung
5. Menyembuhkan asam urat
6. Menurunkan kolestrol tinggi
7. Kencing manis
8. Menghilangkan efek mabuk
9. Obat sakit maag

Kandungan yang terdapat pada daun salam adalah minyak esenssial serta mempunyai ekstrak metanol yang mampu menunjukkan anti cacing serta ekstrak etanol menunjukkan anti bakteri dan anti jamur. Daun salam juag mengandung vitamin C dan B kompleks. Selain itu ekstrak daun salam mampu menurunkan kadar gula disaat bulan puasa. Daun salam juga merupakan pelengkap bumbu dapur. Aromanya yang sangat khas mampu menggugah selera. Daun salam juga harus diwaspadai karena mempunyai efek samping saat mengkonsumsi seperti eksim pada wajah dan tangan. Ibu hamil bila ingin mengkonsumsi daun salam harus berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter atau bidan terdekat agar dapat mengetahui resiko apa setelah mengkonsumsi daun salam. Memang banyak manfaat dari daun salam akan tetapi efek yang ditimbulkan hanya sedikit.

Mengkonsumsi daun salam boleh – boleh saja asalkan tidak berlebihan. Pengolahan daun salam pun cukup mudah hanya tinggal merebus saja akan tetapi anda harus ingat sebelum merebus cuci terlebih dahulu untuk memastikkan bahwa tidak ada ulat maupun jamur yang ada didaun. Biasanya masih ada sisa – sisa pengobatan pada daun salam seperti pupuk ataupun obat penghilang hama. Selamat mencoba

Bagikan di Facebook KesehatanManfaat daun salamObat AlamiPengobatan