Masalah Yang Timbul Ketika Menyikat Gigi Terlalu Keras | Tren.co.id

Masalah Yang Timbul Ketika Menyikat Gigi Terlalu Keras | Tren.co.id

Tren.Co.Id – Sebagian orang itu menyikat gigi mereka dengan keras, karena mereka ingin membersihkan gigi atau juga ingin memutihkan gigi. Padahal dengan menyikat gigi terlalu keras akan membuat masalah pada gigi yakni abrasi gigi. Abrasi gigi adalah hilangnya email gigi yang melindungi gigi dari luar.

Drg. Farichah Hanum, M.Kes seorang Ketua Umum Persatuan Dokter Gigi Indonesia mengatakan, jika lapisan email gigi menghilang, maka gigi akan menjadi linu.

Dalam proses menyikat gigi yang tidak benar ini akan membuat gigi jadi sensitive yang membuat bagian detin menjadi terbuka ketika anda minum air panas atau air dingin, gigi akan terasa ngilu.

Hanum menjelaskan, jangan menyikat gigi terlalu keras atau terlaku menekan, sikatlah gigi dengan benar dan juga jangan menggunakan sikat gigi yang bulu sikatnya keras. Menyikat gigi pada bagian samping, depan, dan bagian geraham dengan pelan, tak perlu terlalu bersemangat.

Tips muah untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut itu dengan melakukan kebiasaan menyikat gigi dalam sehari dua kali yakni di pagi hari usai sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Dengan menyikat gigi yang benar 2 kali sehari bisa mencegah terjadinya gigi berlubang dan penyakit gusi. Dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat mencegah timbulnya masalah lain pada tubuh.