Memasak Sayur Lebih Dari 10 Menit, Bolehkah?

Memasak Sayur Lebih Dari 10 Menit, Bolehkah?

Tren.Co.Id – Gizi tidak hanya bisa didapatkan di dalam makanan saja, akan tetapi juga dari bagaimana kita mampu mengolahnya. Sayuran yang mengandung banyak manfaat bagi tubuh seperti vitamin, mineral, serta zat nutrisi mikro yang lainnya, tak akan kehilangan gizinya yang amat luar biasa apabila proses pemasakannya dimasak dengan tepat.

Kita mungkin pernah mendengar apabila sayuran baiknya untuk tidak dimasak dalam jangka waktu yang lama. Menurut ahli gizi, yakni Siti Muliana Sari dari FKUI (Klinik Dokter Keluarga ), dalam memasak sayuran memang sebaiknya tidak melebihi dari 10 menit.

“Buah serta sayuran maksimal dimasak hanya 10 menit saja. Jadi, jangan sampai warna yang terdapat di dalamnya hingga memudar. Zat warna yang terdapat di dalam sayuran mengandung nutrisi yang memang bagus untuk tubuh, seperti juga vitamin dan mineral. Sayangnya, hal tersebut lebih cepat rusak karena adanya suatu bentuk pemanasan, jika dibandingkan dengan zat karbohidrat dan protein.” papar Siti Muliana Sari.

Meskipun memasak sayuran tidak boleh dimasak dengan terlalu lama, sayuran mentah memang masih tetap harus perlu dihindari guna mencegah parasit yang tidak diinginkan masuk ke dalam tubuh pengonsumsi. Ini memang menjadi hal yang harus diperhatikan, terutama bagi ibu hamil yang lebih rentan mengalami infeksi.

“Sayur sebaiknya juga tidak untuk dipanaskan ulang. Jika setelah dimasak, sayur baiknya langsung disajikan dan langsung dimakan.” imbuh Siti Muliana Sari.