Mengapa memutuskan untuk menikah ?

Mengapa memutuskan untuk menikah ?

Mengapa memutuskan untuk menikah ?

Mengapa memutuskan untuk menikah ? Mungkin ini merupakan pertanyaan dari sebagian orang yang belum terlalu paham apa itu tujuan menikah. Menikah merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh muslim yang telah baligh dan telah mampu, karena pada kodratnya manusia diciptakan berpasang-pasangan.

Berbicara mampu atau siap, untuk setiap individu tentu berbeda-beda. Ada yang merasa sukses dulu baru nikah, ada yang rela pacaran bertahun-tahun untuk membangun komitmen terlebih dahulu baru memutuskan untuk menikah dan ada pula yang berani memutuskan untuk menikah muda setelah menyelesaikan sekolah menengah atas ataupun kuliah.
Sebenarnya itu semua tergantung dari pribadi-pribadi masing-masing, ada beberapa faktor yang harus anda pikirkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menikah, karena untuk zaman yang sangat berkembang sekarang, menikah adalah hal yang harus dipikirkan dengan matang. Apa saja faktor tersebut?

5 Faktor Penting Dalam Memutuskan Untuk Menikah

Harus saling mencintai
Ini merupakan faktor terpenting, cinta yang tumbuh merupakan keharusan yang dimiliki oleh setiap pasangan yang akan menikah. Tetapi, bagaimana jika anda mengikuti saran rasul yaitu bertaaruf? Apakah anda juga memiliki rasa cinta? Ada yang bilang pernikahan yang dilandasi dengan iman dan ibadah akan memberikan cinta yang lebih indah bagi setiap pasangan seiring dengan berjalannya waktu.

Harus siap
Siap disini kembali lagi dari setiap pribadi masing-masing. Ada yang memutuskan menikah di usia muda dan percaya bahwa rezeki semuanya ditangan tuhan, ada juga yang memutuskan untuk bekerja dahulu. Ini semua tergantung dari pribadi anda, akan tetapi lebih baik cepatlah menikah apabila telah menemukan jodoh yang sesuai daripada anda berpacaran bertahun-tahun tanpa kejelasan untuk menikah.

Harus siap umur atau usia
Pemerintah telah menegaskan untuk menikah jangan terlalu muda dan terlalu tua, menikahlah dengan usia wanita minimal 22 dan pria 25. Karena di usia ini diyakinkan manusia telah dewasa dan siap mengemban semua tugas-tugas setelah resmi menjalani kehidupan berkeluarga. Masa produktif di usia ini akan mempermudah masalah persalinan dikemudian hari, terbayang bukan jika anda menikah di usia tua, anda akan sulit mendapatkan anak selain itu ketika anda masih muda dan telah dikaruniakan anak anda akan tetap semangat membanting tulang untuk menghidupi keluarga anda kelak.

Selain beberapa faktor tersebut, yang harus anda ingat ada juga beberapa faktor alasan yang baiknya tidak anda lakukan apabila anda menginginkan ikatan pernikahan tidak putus ditengah jalan.
Iri melihat teman menikah
Ini merupakan alasan yang harus anda buang jauh-jauh, karena menikah bukan merupakan ajang lomba. Jadi tanyakan sebenarnya dalam diri anda sudah siapkah atau belum.

Didesak karena telah berpacaran lama
Pacaran lama memang memberikan kesan yang kurang baik dari segi perempuan ataupun laki-laki, apalagi pacaran tersebut telah berlangsung selama bertahun-tahun. Belum tentu anda telah lama berpacaran dan benar-benar telah memahami kepribadian pasangan anda. Jadi, yakinkanlah dalam diri anda bahwa pasangan anda ini benar-benar baik untuk anda dan kemudian melangsungkan pernikahan, bukan karena anda didesak.

Sudah terjawabkah semua pertanyaan anda mengapa memutuskan untuk menikah? Menikahlah karena didasarkan dengan ibadah dan ikhlas, maka dengan demikian keluarga kecil yang telah anda bangun nantinya tidak mengalami karam di tengah jalan.