Mengatasi Demam dengan Tanaman Obat Alami

Mengatasi Demam dengan Tanaman Obat Alami

Demam memang keadaan yang sangat mempersulit, terutama apabila demam tersebut dialami oleh anak-anak. Sebagai orang tua tentu kita akan panik, terlebih apabila demam tersebut tidak kunjung turun dengan diikuti badan yang menggigil bahkan sampai kejang-kejang.

Memang, pertolongan awal untuk mengatasi demam yaitu dengan memberikan obat parasetamol atau obat yang berfungsi untuk menurunkan panas, atau bisa juga dengan memberikan kompres di kepala. Penggunaan obat berbahan kimia memang akan membantu dengan cepat, tapi sebaiknya anda gunakanlah bahan-bahan alami yang tidak memberikan indikasi yang berbahaya. Di Indonesia tentu banyak sekali tanaman-tanaman yang dapat digunakan untuk berbagai obat dari suatu penyakit terutama demam, dan tanaman ini tidak akan sulit untuk ditemukan.

Beberapa Tanaman Obat Untuk Mengatasi Demam Bagi Anak-Anak dan Dewasa

1. Temulawak Temulawak mengandung zat aktif seperti xanthorrhizol, alpha beta, gemarcrene dan masih banyak lagi. Banyak khasiat temulawak yang telah terbukti untuk meredakan beberapa penyakit, seperti demam. Selain itu, temulawak juga dapat digunakan untuk obat pennyakit kuning, diare, perut kembung, kurang nafsu makan, pegal-pegal, dan maag. Temulawak bermanfaat untuk meningkatkan reproduksi & ereksi empedu, selain itu anti peradangan dan antibiotik.


2. Air kelapa muda

Kandungan yang terdapat dalam air kelapa muda banyak mengandung mineral dan kalium, sehingga baik digunakan apabila anak-anak atau anda mengalami demam. Karena, saat demam tubuh akan mengeluarkan banyak cairan yang berupa keringat yang berfungsi untuk menurunkan suhu tubuh. Maka, air kelapa muda dapat berguna untuk menggantikan keringat yang keluar.

3. Daun kembang sepatu Daun ini juga banyak mengandung flavonoida, polifenol, saponin, dan minyat atsiri, yang dapat berfungsi untuk menurunkan panas yang diakibatkan demam. Selain daun kembang sepatu, daun sirih juga dapat digunakan, karena kandungan daun sirih hampir sama dengan daun kembang sepatu.


4. Bawang merah

Bumbu dapur yang satu ini banyak mengandung minyak atsiri, sikloaliin, metilalin, kaemferol, kuersetin dan floroglusin yang sangat efektif untuk menurunkan suhu tubuh.

5. Lempuyang emprit Herba ini hampir sama dengan bawang merah yaitu banyak mengandung minyak atsiri yaitu sekuiterpenketon yang sangat bermanfaat untuk menurunkan panas, rimpang yang sering digunakan yaitu rimpang yang berwarna putih kekuningan dan rasannya pahit.


6. Kunyit

Kunyit banyak mengandung minyak atsiri, kurkumin, zingibereen dan turmeron yang bermanfaat sebagai antibakteri, antioksidan dan antiinflamasi (anti peradangan). Selain itu herba ini dapat digunakan untuk menurunkan panas demam dan meningkatkan imunitas tubuh, kunyit yang baik digunakan adalah yang berwarna kuning.

7. Pegagan Tumbuhan yang biasa dikenal dengan nama daun kaki muda ini tumbuh dengan merayap menutupi tanah. Daunya berwarna hijau berbentuk serupa kipas ginjal. Herbal ini banyak mengandung saponin, hidrokotin, dan velarin yang bermanfaat untuk menurunkan panas, serta merevitalisasi tubuh dan pembuluh darah dan memperkuat sruktur jaringan tubuh. Pegagan ini juga dapat bermanfaat menyejukkan atau mendinginkan dan menambah tetangga.

Itulah beberapa tanaman obat untuk mengatasi demam untuk anak-anak dan juga dewasa. Semoga dapat memberikan wawasan bagi para pembaca.

Alami, Kesehatan, Penyakit