Mengharukan! Ada Jasa Tulis Surat Natal Bagi Penyandang Buta Aksara

Mengharukan! Ada Jasa Tulis Surat Natal Bagi Penyandang Buta Aksara

sumber : merdeka.com

Tren.co.id – Pemerintah Brasil mengirimkan sukarelawan untuk berkeliling ke kota maupun desa, demi membantu penyandang buta aksara yang ingin menulis surat ucapan Natal. Program pemerintah ini sudah berjalan dari 2001, dan berhasil membantu ribuan orang yang ingin mengirim surat ke keluarga, tetapi tak bisa menulis.

Roberia Lima dos Santos adalah salah satu pengguna jasa tersebut. Wanita 64 tahun yang berprofesi sebagai koki ini mengirim surat kepada putranya yang berada di penjara karena merampok.

Roberia tidak yakin bisa menulis surat, walau bisa sedikit mengeja huruf latin. Menurutnya, bantuan dari sukarelawan membuat suratnya dapat dikirm lebih cepat. Wanita buta aksara ini memberitahu kepada sukarelawan tentang pesan apa saja yang ingin ia masukkan ke dalam suratnya.

Data dari UNESCO menunjukkan bahwa sekitar 14 juta penduduk Brasil tidak bisa menulis dan membaca. Fakta ini membuat Brasil pada urutan ke-8 di dunia dalam tingkat buta aksara.

Jutaan orang lainnya, mirip dengan Roberia, hanya bisa membaca sedikit, tetap tidak bisa menulis. Secara fungsional sama saja dengan buta aksara.

Vera Rocha, salah seorang sukarelawan mengaku terkejut saat mengetahui banyaknya orang Brasi yang tidak bisa baca tulis. Karena itulah dia sangat ingin membantu mereka. Agar surat yang dituliskan utuh isinya, para sukarelawan harus sering mengajak ngobrol orang-orang tersebut dari hati-hati. Misalnya, kenapa mereka menyayangi orang yang dikirimi surat, dan sebagainya.

Kebanyakan pengguna jasa ini adalah kalangan menengah ke bawah yang tidak punya akses internet. Rata-rata surat itu ditujukan ke penjara.