Menkes Dukung Penegak Hukum Terhadap Pelaku Vaksin Palsu | Tren.co.id

Menkes Dukung Penegak Hukum Terhadap Pelaku Vaksin Palsu | Tren.co.id

Tren.Co.Id – Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek menegaskan bahwa ia tak akan mentoleransi mengenai kasus vaksin palsu yang dianggap berpotensi berbahaya bagi masyarakat khususnya untuk balita.

Di Jakarta Nila F Moeloek mengatakan dengan tegas bahwa ia sangat menentang dan tidak mentoleransi dengan semua bentuk kepalsuan yang akan membahayakan kesehatan untuk semua masyarakat Indonesia.

Dengan demikian, Kementerian Kesehatan (Menkes) untuk mendukung langkah dari pihak berwajib untuk membongkar kasus dari pemalsuan vaksin yang meresahkan masyarakat dan juga mengungkapkan siapapun pihak yang terkait dengna kasus tersebut.

Ia menegaskan bahwa ia sangat mendukung dalam penegakan hukum.

Ia berujar lagi, bila para pelaku terbukti pada pemalsuan vaksin, maka mereka harus mendapatkan sanksi yang sesuai dengan perundangan yang berlaku.

Nah, menteri kesehatan pun mengimbau terhadap semua rumah sakit dan fasilitas layanan kesehatan untuk menyediakan vaksin berasal dari distributor serta produsen yang resmi, ini pun berlaku melelui e-catalog.

Sebelumnya, pihak berwajib berhasil membongkar adanya praktik pemalsuan vaksin yang dijual di sejumlah rumah sakit.

Pada (21/6/2016) para pelaku sukses digrebek polik yang bertempat di Pondok Aren, Tangerang, Selatan oleh Bareskrim Polri.

Pabrik ini membuat vaksin campak, hepatitis B, BCG, polio, dan tetanus dan di pabrik diketahui tidak steril dan terdapat banyak sekali obat berbahaya.

Aparat kepolisian pun menemukan alat dalam pembuatan vaksin seperti botol ampul, bahan-bahan seperti larutan yang mereka buat dan labelnya.