Musim Penghujan, Berikut Obat Alami untuk Mengatasi Flu

Musim Penghujan, Berikut Obat Alami untuk Mengatasi Flu

01/7/15 2:37 PM

Tren.co.id. Ditengah musim penghujan di indonesia akhir-akhir ini maka kita dapat dengan mudah terserang flu. Obat alami mengatasi flu ini akan sangat bermanfaat bagi anda yang saat ini tengah mengalami flu atau pilek dan sedang mencari cara bagaimana cara mengatasinya tanpa menggunakan obat – obatan berbahan kimia. Kita tahu Indonesia merupakan negara yang kaya akan tumbuhan-tumbuhan alami yang dapat kita gunakan sebagai bahan pengobatan dari beberapa penyakit, salah satunya flu.

Selain itu dengan menggunakan bahan-bahan alami, tidak akan menimbulkan beberapa dampak yang akan membahayakan bagi tubuh, lain hal jika kita mengonsumsi obat medis untuk mengobati penyakit flu, terlebih jika digunakan dengan dosis besar dan dalam jangka waktu yang lama.

Baiklah, jika anda saat ini tengah mencari obat-obat alami tersebut, kali ini akan kami berikan infonya.

Beberapa Obat Alami Mengatasi Flu Ala Rumahan

Di bawah ini ada beberapa cara dan beberapa obat alami mengatasi flu ala rumahan yang dapat anda lakukan, apabila anda sedang mengalami sakit flu.

Perbanyak asupan cairan
Perbanyak asupan cairan merupakan salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi flu, dapat dengan mengonsumsi air hangat ataupun kuah sup dan sayuran yang masih hangat. Selain itu, anda juga dapat mengompres dingin pada dahi, karena cara ini juga dapat dilakukan untuk menurunkan demam yang diakibatkan flu.

Konsumsi vitamin C
Dengan perbanyak mengonsumsi vitamin C dapat membuat tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sel darah putih, sehingga dapat melawan virus flu. Untuk dapat meningkatkan asupan vitamin C, anda dapat memperbanyak mengonsumsi buah jeruk, buah pepaya dan buah lain yang banyak mengandung vitamin C.

Cabe rawit
Makan cabe rawit ternyata dapat juga meredakan sakit flu, karena kandungan capsaicin pada cabe rawit, dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga akan lebih cepat mengirimkan nutrisi dan vitamin ke seluruh tubuh. Selain itu rasa pedas dan panas pada cabe rawit akan dapat membantu untuk mengurangi atau mengencerkan cairan yang tersumbat pada rongga hidung. Akan tetapi, apabila anda sudah memiliki gangguan pada lambung, seperti sakit maag, ada baiknya untuk tidak menggunakan cara ini.

Jahe
Jahe juga dapat membantu meredakan flu, karena jahe diketahui banyak sekali mengandung senyawa antivirus alami, yang sudah pasti dapat digunakan untuk membantu menyingkirkan virus penyebab influenza atau pilek. Selain itu, jahe juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh, dan mempromosikan pembentukan senyawa antibakteri.

Bawang putih
Bawang putih memiliki senyawa kimia yang bersifat antibiotik yang sangat kuat, sehingga bawang putih ini dapat menawarkan kemampuan sebagai antivirus alami. Selain itu, bawang putih dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga ini akan berfungsi untuk membantu pengiriman nutrisi penting yang akan lebih cepat ke seluruh bagian sel-sel tubuh.

Itulah beberapa cara ala rumahan dan beberapa obat alami mengatasi flu yang dapat anda lakukan di rumah, semoga dengan informasi ini dapat membantu anda dalam mengatasi flu yang sangat mengganggu, walaupun tanpa menggunakan obat-obatan kimia yang akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Bagikan di Facebook KesehatanMengatasi FluObat Alamitips