NASA akan meneliti Beberapa Hal saat Terjadi Gerhana Matahari | Tren.co.id

NASA akan meneliti Beberapa Hal saat Terjadi Gerhana Matahari | Tren.co.id

Tren.co.id – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bersama dengan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan melakukan ekspedisinya ke Pulau Maba, yang ada di Halmahera Utara. Perjalanan ini bertujuan guna meneliti efek yang ditimbulkan oleh Gerhana Matahari terhadap Bumi.

NASA, dalam perjalanannya kali ini tidak hanya sendirian, akan tetapi diwakili dari 4 peneliti lainnya. Tujuan utama dari penelitian ini untuk meneliti bagaimana elektron bebas yang dihasilkan oleh korona.

Salah satu peneliti NASA yang ikut atas perjalanan ini, Nelson Reginald, dirinya mengatakan bahwa karena saat terjadi Gerhana, korona matahari akan terlihat begitu jelas dibandingkan dengan hari-hari biasa.

“Kami tertarik untuk meneliti temperatur dari elektron bebas dan seberapa cepat mereka mampu melesat.” ujarnya.

Sebagaimana telah diketahui, jika korona matahari menyebarkan suatu partikel elektron ke seluruh angkasa. Elektron ini memiliki peran yang penting terhadap penyebaran sinar matahari hingga sampai ke Bumi.

Sebagai informasinya, korona merupakan bagian terluar dari matahari.

Sementara itu, Korona matahari itu sendiri terbagi ke dalam 2 jenis, yang pertama merupakan K Corona yang memiliki peran untuk menyebarkan sinar matahari hingga sampai ke bumi, kemudian yang kedua disebut dengan nama F Corona yang memiliki bentuk kecil seperti debu.