NASA Ungkap Bulan Kedua Jadi Orbit Bumi | Tren.co.id

NASA Ungkap Bulan Kedua Jadi Orbit Bumi | Tren.co.id

Tren.co.id – Badan Antariksa Amerika (NASA) baru-baru ini mengkonfirmasi munculnya suatu asteroid kecil yang mengelilingi Bumi. NASA mengatakan benda langit yang punya diameter 36,5-91 meter tersebut yang berjulukkan ‘Bulan Kecil’. Sebagaimana dilaporkan oleh Inhabitat, NASA melihat kalau batu kecil tersebut mengelilingi matahari di orbit yang serupa dengan Bumi. Bahkan dia juga mengelilingi Bumi layaknys Bulan walau karakteristik mereka beda.

Ilmuwan NASA memprediksikan bahwa ‘teman baru’ Bumi yang disebut ‘asteroid 2016 HO3’ kemungkinan ini sudah ada sejak 100 tahun yang lalu. Pertama kali dia dideteksi 27 April oleh Pan-STARRS 1 asteroid survey teleskop, Haleakala, Hawai dioperasikan Uiniversity of Hawaii Institut Astronomi.

Walaupun bulun asteroid ini berada di orbit Bumi, kemungkinan tidak diam lama paling tidak di skema besar timeline alam semesta. Orbit asteroid tersebut punya pola unik, menyentuh maju mundur lambat hingga beberapa decade. Dia diprediksikan bakal selalu seperti itu setidaknya sampai beberapa abad selanjutnya.

Paul Chodas, manager Center for Near-Earth Object (NEO) Studies at the Jet Propulsi Laboratory punya NASA mengungkapkan bakwa dipengaruhi jarak. Bulan baru mini merupakan ‘duasi satelit’ Bumi ketimbang satelit sejati contohnya Bulan.

‘’ Loop asteroid di dekat Bumi melayang agak ke depan atau belakang, gravitasi bumi hanya lumayan kuat guna membolak balikkan belokan dan mendekap asteroid hingga tak pernah pergi jauh-jauh 100 kali jarak Bulan’’ ungkap Chodas.

‘’ Dampak yang serupa juga menghindari asteroid mendekat semakin dekat sekitar 38 kali dari jarak Bulan. Akibatnya, asteroid kecil jadi terjebak di tarian kecil sama Bumi, ‘’

Hingga bertahun-tahun, asteroid yang lain sudah melakukan tarian sama dengan planet kita, tapi mereka lebih tampak teman kencan dalam hubungan jangka panjang. Lebih dari 10 tahun lalu, asteroid 2003 YN107 ikut pola orbital yang serupa dalam waktu singkat. Bagi Chodas, tetapi sudah pergi dari sekitar Bumi.

‘’ Asteroid terbaru ini jauh lebih terkunci untuk kita, ‘’ katanya mengira bahwa itu bakal selalu tinggal dalam ‘berabad-abad mendatang’. Tak usah cemas, satelit ini tak merusak Bumi karena orbitnya tetap.