Netflix Mengurangi Pembajakan, di Indonesia Justru Diblokir | Tren.co.id

Netflix Mengurangi Pembajakan, di Indonesia Justru Diblokir | Tren.co.id

Tren.co.id – Sudah rahasia umum jika banyak pembajakan lagu, film, ataupun karya-karya media hiburan lainnya yang rentan sekali terkena bajak. Bahkan ada yang dengan santainya memajang di blog pribadi mereka tentang film box office hasil bajakan.

Karena itulah, netflix lalu muncul memberi solusi jalan keluar.

“Daripada memberi hukuman kepada pelaku pembajakan, lebih baik berikan opsi lain sehingga orang lebih beralih ke opsi ini daripada melakukan pembajakan.” Ujar Chief Content Officer Ted Sarandos, pada tahun 2013 lalu.

Netflix pun memberikan peluang kepada masyarakat luas untuk membuat streaming konten legal, yang menerapkan konsep on-demand streaming service.

Netflix pun memiliki banyak track film, dan juga jutaan lagu-lagu yang bisa di streaming secara legal. Hanya dengan membayar tarif untuk satu bulan, kamu sudah bisa menikmati semua konten yang disediakan secara legal.

Kalau dihitung-hitung pun, harga netflix jauh lebih murah dibanding kamu membeli dvd satu persatu. Di Indonesia tersendiri harga termahal netflix hanya dikisaran 160ribu. Pelanggan hanya cukup menyediakan laptop, ataupun gadget lainnya dan tinggal duduk manis didepan layar maka akan tersuguhkan film-film favorit di layar kaca.

Tidak usah heran dengan munculnya tekhnologi seperti ini membuat angka pembajakan menurun. Setelah dilakukan survey di negara maju seperti Norwegia dan yang termutakhir di Australia mengalami penurunan drastis dalam pembajakan film sejak kemunculan streaming online legal.

Namun, di negara kita layanan ini diblokir karena dianggap tidak melakukan proses penyensoran terlebih dahulu. Selain itu pemerintah meminta pihak Netflix melengkapi syarat-syarat yang harus dipenuhi.