Nikah Umur 13 Tahun, Pasangan Belia Ini Nikah Lagi Ketika Dewasa | Tren.co.id

Nikah Umur 13 Tahun, Pasangan Belia Ini Nikah Lagi Ketika Dewasa | Tren.co.id

Tren. Co. Id – Sebagian besar negara umumnya memiliki kebijakan tersendiri mengenai rentang usia seseorang yang diperbolehkan atau pantas untuk menikah. Namun, bila telah berbicara tentang cinta, aturan manapun dapat dengan mudah dilanggar. Apalagi bila kedua keluarga mempelai bersama-sama memberi restu dan dukungan, prosesi pernikahan pun bisa terselenggara tanpa halangan.

Di Mashan, Nanning terdapat sepasang remaja yang melaksanakan pernikahan di usia muda. Dikutip dari shanglist, kedua mempelai tersebut usianya sebaya atau sama-sama 16 tahun. Ternyata si mempelai pria sudah tamat sekolah SMP kemudian kerja paruh waktu.

Melihat usia mereka yang masih remaja mengejutkan banyak orang, apalagi semenjak foto-foto mereka beredar di media online membuat mereka jadi buah bibir atau gunjingan. Bahkan sempat dikabarkan bahwa usia mempelai pria baru 13 tahun. Namun akhinya ada klarifikasi dari mempelai wanita. “Kami berdua sama-sama lahir tahun 1999, jadi usia kami 16 tahun hanya saja dia (suami) terlihat baby face,” aku si mempelai wanita.

Terus tanggapan dari keluarga kedua belah pihak bagaimana? Menurut penuturan mempelai wanita, keluarga sangat mendukung, ia juga menambahkan bahwa tanpa adanya dukungan dari keluarga mereka berdua tak akan dapat melaksanakan pesta pernikahan secara meriah serta jamuan puluhan meja.

Berdasarkan aturan Cina, pasangan yang menikah bisa dikatakan sah minimal usia mempelai laki-laki 22 tahun, sedangkan mempelai wanitanya minimal 20 tahun. Maka dari itu, pasangan remaja ini hanya dapat merayakan acara jamuan pada pesta pernikahannya. Dan ini dikatakan sebagai acara pertama karena usia mereka belum dewasa dan mereka akan menikah lagi ketika usia mereka sudah dewasa.

Dikatakan juga oleh mempelai wanita mereka sudah mengenal satu sama lain selama lebih dari setahun. Sehingga meraka tidak ragu lagi dalam mengadakan pesta pernikahan walau cuma acara jamuan. Rencananya jika usia mereka sudah dewasa, mereka akan mengadakan pesta pernikahan secara sah sesuai hukum sehingga memperoleh akte pernikahan.

Semenjak tersebarnya pemberitaan mengenai pesta pernikahan tersebut. Mempelai pria mendadak menjadi artis di kota itu. Selain itu di dunia maya, kebanyakan orang menggunjing mereka berkaitan usianya yang masih tergolong cukup belia untuk melaksanakan pernikahan. Justru ada juga yang mendoakan pernikahan mereka.

Menilik pasangan yang melangsungkan pernikahan di usia belia, apa pendapat anda ?