Obat Alami Mengatasi Batuk

Obat Alami Mengatasi Batuk

Obat Alami Mengatasi Batuk

Batuk merupakan salah satu penyakit umum yang akan terserang oleh siapa saja, terlebih apabila musim hujan maupun musim pancaroba. Apapun semua jenis batuk tersebut tentu sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman dalam melakukan aktivitas.

Untuk menyembuhkan batuk sebenarnya banyak cara pengobatan, seperti menggunakan obat-obat berbahan kimia yang bisa didapatkan di apotik-apotik terdekat atau bisa juga menggunakan bahan-bahan alami. Menggunakan obat-obatan berbahan alami memang sangat dianjurkan apabila anda menginginkan mengobati batuk tanpa takut adanya efek samping yang nantinya aka membahayakan tubuh. Inilah beberapa obat alami tersebut:

8 obat alami mengatasi batuk Paling Ampuh

1. Jeruk nipis Air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan sedikit madu dapat berkhasiat mengobati batuk berdahak. Minumlah air perasan tersebut 2-3 kali sehari, agar melencerkan dahak yang ada dalam tenggorokan.


2. Jahe

Tanaman jahe banyak mengandung zat anti bakteri yang berguna bagi tubuh dan dapat digunakan untuk obat batuk berdahak. Caranya yaitu dengan menyiapkan irisan jahe yang telah dikupas masukkan ke dalam segelas teh hangat lalu minumlah sebanyak tiga kali sehari.

BACA JUGA  Tips Merawat Bayi agar Sehat

3. Kencur
Kencur juga bahan alami yang sangat ampuh untuk mengobati batuk, apalagi jika ditambahkan dengan jahe. Caranya dengan merebus parutan kencur dan jahe yang telah halus kemudian saring dan minumlah air rebusan tersebut setidaknya dua kali sehari.

4. Daun sirih Daun sirih juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit batuk berdahak, caranya dengan merebus daun sirih dan tambahkan jahe dan minumlah sekali sehari agar tubuh tetap sehat dan hangat.


5. Belimbing wuluh

Walaupun belimbing ini terkenal dengan rasa asamnya dan sering digunakan untuk membuat sayur asem, ternyata buah ini dapat digunakan untuk megobati penyakit batuk. Caranya dengan parut terlebih dahulu 10 buah belimbing wuluh sampai dengan halus, tambahkan air dan juga garam, kemudian saring dan minumlah air perasan tersebut dua kali sehari tiap pagi dan sore.


6. Kunyit

Obat alami mengatasi batuk selanjutnya yaitu kunyit. Kunyit merupakan salah satu tanaman yang banyak dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit dan telah terkenal sejak lama, salah satunya menyembuhkan batuk kering. Caranya dengan campurkan satu sendok bubuk kunyit dan setengah sendok teh bubuk merica dengan satu gelas air yang telah mendidih lalu haduk hingga rata, kemudian minumlah ramuan tersebut selagi masih hangat 2 kali sehari.


7. Cabe jawa dan madu

Madu juga telah sering kita ketahui kebenarannya bahwa dapat bermanfaat mengatasi beberapa penyakit dalam tubuh dan sangat berkhasiat tinggi. salah satu penyakit yang dapat disembuhkan dengan madu ialah batuk, caranya dengan madu dicampurkan dengan cabe jawa, siapakan 6 gram cabe jawa kering yang telah halus dan madu secukupnya minumlah ramuan ini secara rutin satu kali sehari sehingga batuk pulih.


8. Daun kayu putih

Daun ini terkenal untuk mengahangatkan tubuh, selain itu dapat juga digunakan untuk mengobati batuk. Caranya dengan merebs 10-15 gram daun kayu putih hingga mendidih dan minumlah air rebusan tersebut selagi masih hangat.

BACA JUGA  Gaya Berhijab Untuk Acara Party

Demikianlah 8 obat alami mengatasi batuk yang dapat dengan mudah anda temukan. Walaupun batuk yang anda alami telah pulih dengan mengonsumsi obatan-obatan berbahan kimia ataupun berbahan alami, ada baiknya untuk menghindari lingkungan yang banyak mengandung debu dan juga tempat yang dingin karena hal ini akan membuat batuk anda kembali datang.