Orang Ini Menjadi Transgender Pertama Yang Menjadi Anggota Polisi Di India

Orang Ini Menjadi Transgender Pertama Yang Menjadi Anggota Polisi Di India

K Prithika Yashini, Polisi Transgender Pertama Di India

Tren.Co.Id – Tamil Nadu menjadi negara pertama di India yang mengambil transgender sebagai anggota polisi. K Prithika Yashini berhasil menang dalam persidangan untuk membenarkannya bergabung tim polisi Tamil Nadu.

Prithika dilahirkan sebagai seorang pria tetapi menjalani operasi mengganti gender, ia memohon untuk menjadi polisi berpangkat sub-inspektur di negeri selatan India itu.

Lembaga polisi negeri tidak membolehkan pergantian gender dalam tim nya yang menyebabkan Prithika membawa kasusnya itu ke pengadilan.

“Saya sangat senang, itu adalah awal baru bagi masyarakat transgender di dunia,” katanya kepada jaringan televisi NDTV India, Minggu (8/11/2015). Keputusan yang dibuat hakim Pengadilan Tinggi Chennai menyatakan dampak sosial dari diterimanya Prithika dalam kepolisian, akan memberi kekuatan kepada kaum transgender lainnya.

Mahkamah Agung India pada April lalu mengakui golongan transgender sebagai gender ketiga, lima tahun setelah komisi pemilihan menempatkan kategori transgender dalam kertas suara.

Keputusan ini berarti pemerintah harus menyediakan golongan transgender dengan kuota dalam pekerjaan dan pendidikan sejalan dengan kaum minoritas lainnya, serta fasilitas-fasilitas utama. Hingga kini ada sekitar dua juta orang transgender di India.

Times of India melaporkan pasukan polisi Tamil Nadu sudah memiliki tiga polisi transgender namun laporan media lain pula menyatakan Prithika adalah transgender pertama yang berhasil menjadi pegawai.

Prithika meninggalkan rumah orangtuanya ketika remaja sebelum melanjutkan pendidikannya dalam bidang studi komputer serta menjalani operasi mengganti kelamin. Media melaporkan Prithika ingin menjadi polisi sejak ia masih anak-anak.