Pentagon Akan Umumkan Penutupan Guantanamo Dalam Waktu Dekat

Pentagon Akan Umumkan Penutupan Guantanamo Dalam Waktu Dekat

gedung Departemen Pertahanan AS di Arlington, Virginia dekat Washington D.C.

Tren.Co.Id – Gedung departemen pertahanan AS, Pentagon diperkirakan akan mencanangkan rencana yang sudah lama ditunggu untuk menutup pusat pertahanan di Teluk Guantanamo, Kuba, yang selama ini didesak Kongres agar Presiden Barack Obama mempercepat tindakan itu.

Rencana penutupan itu memiliki empat alasan, dengan salah satunya menerangkan bahwa pemerintah masih memiliki pilihan untuk menahan pelaku termasuk di pusat tahanan Centennial CORRECTIONAL, di Colorado.

Satu tim kecil dari Departemen Pertahanan sudah mengadakan tinjauan termasuk di Consolidated Naval Brig di Carolina Selatan dan Federal CORRECTIONAL Complex di Florence, Colorado.

Dua lagi, pusat pertahanan yang akan turut dikaji adalah di Fort Leavenworth, Kansas dan US disciplinary Barracks and Midwest Joint Regional Corrections Facility.

Obama, yang berkampanye untuk menutup Guantanamo yang dianggapnya penahanan pelaku dirusak dengan penganiayaan tahanan dan penahanan tanpa tuduhan oleh pemerintahan mantan Presiden George W. Bush.

Saat ini terdapat 112 tahanan di Guantanamo, dengan 53 dari mereka akan dikeluarkan untuk dipindahkan. Reuters sebelumnya melaporkan rencana untuk memindahkan tahanan ke negara luar dan mengklaim mereka yang dapat dikenakan tuntutan serta memindahkan tersangka teroris asing ke dalam penjara Amerika.