Pentingnya Kerjasama dengan Koperasi Bagi Petani

Pentingnya Kerjasama dengan Koperasi Bagi Petani

Tren.co.id. Kebanyakan orang yang menyepelekan koperasi masih bertanya, “apa sih, pentingnya kerjasama dengan koperasi?”. Koperasi ialah satu dari program pemerintah yang mampu mendukung perekonomian rakyat. Baik itu rakyat kecil hingga menengah. Semua yang membutuhkan modal ataupun menginginkan bantuan dalam perbaikan perekonomian akan terbantu melalui bekerjasama dengan koperasi ini. Dalam artikel yang berjudul Pentingnya Kerjasama dengan Koperasi ini saya akan membahas beberapa keuntungan yang bisa didapatkan karena bekerjasama dengan koperasi.

Pentingnya Kerjasama dengan Koperasi

Pada umumnya koperasi memiliki manfaat bagi semua pelaku perekonomian, namun di artikel ini saya akan membahas manfaat kerjasama petani dengan koperasi.

Manfaat Koperasi Untuk Petani 1. Pengendalian secara demokrasi, artinya semua petani jika mereka menjadi anggota berhak bebas mau mengutarkan pendapatnya apa saja, dan pengurus koperasi akan mendengarkan. 2. Keanggotaannya yang terbuka, artinya semua anggota petani serta pengurus koperasi bisa saling berkomunikasi mengenai berbagai hal yang ada kaitannya dengan sistem yang sudah ada dalam koperasi. Seluruh kegiatan dan keuangan dilakukan dengan keterbukaan dan dilaporkan dalam bentuk sebuah laporan hitam di atas putih jadi para anggota petani dapat mengerti dengan jelas. 3. Bunga terbatas berdasarkan modal, yaitu persentase dari pengembalian uang yang sudah dipinjam tetap sesuai atau sama dengan modal yang sudahdipinjam tersebut. 4. Pembagian dari sisa hasil usaha pada anggota petani yang proporsional sesuai dengan pembeliannya. 5. Pembayaran dengan tunai atas transaksi perdagangan, artinya tidak ada hutang piutang yang bisa memperlambat terjadinya perputaran uang. 6. Tidak diperbolehkan menjual barang-barang palsu atau harus murni. Petani sebagai anggota dituntut untuk terusdapat meningkatkan kualitas dari berbagai jenis produk yang sudahdan akan dihasilkannya, serta pengurus koperasi akan selalu memberikan berbagai informasi teknologi yang terbaru untuk dapat membantu petani. 7. Mengadakan pendidikan untuk anggota-anggotanya mengenai berbagai asas koperasi serta perdagangan yang dapat saling membantu. Jadi, semua anggota petani akan mendapatkan berbagai pengetahuan lebih sebagai pelaku dari rantai perekonomian.

8. Netral untuk semua aliran agama ataupun politik, artinya koperasi tidak akan turut ikut campur urusan pribadi, serta tidak bisa dicampuri urusan internalnya.

Pada umunya tidak hanya petani, namun semua jenis pelaku perekonomian akan mendapatkan manfaat yang tidak jauh dari beberapa manfaat di atas.

Manfaat Koperasi Untuk Masyarakat 1. Meningkatkan daya tawar koperasi yang bekerja sama kepada pihak ketiga. 2. Jika tujuan dalam bekerjasama untuk dapat menjamin konstitusi dari pemasukan bahan baku, kerjasama antar koperasi dapat menjaga terjaminnya pemasukan untuk bahan baku.

3. Mendapatkan keuntungan karena memang mampu beroperasi secara besar-besaran

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan petani jika bekerjasama dengan koperasi. Namun, seperti yang sudah dikatakan bahwa tidak hanya petani saja yang bisa memanfaatkan koperasi. Semua yang berperan dalam rantai perekonomian bisa memanfaatkan koperasi.