Penyebab dan Cara Mengatasi Kram Kaki Saat Tidur

Penyebab dan Cara Mengatasi Kram Kaki Saat Tidur

Tren.Co.Id – Kram atau kejang kaki akan mempengaruhi kinerja tubuh dalam melakukan beberapa kegiatan. Salah satu masalah kram kaki yang kerap dialami orang ialah kram kaki pada malam hari ketika saat tidur. Mungkin anda sering mengalami masalah ini?

baca juga : 5 Bahaya Duduk Terlalu Lama Yang Tidak Anda Sadari

Masalah kram yang terjadi secara tiba-tiba adalah salah satu keadaan umum yang dapat terjadi di malam hari. Kram umumnya dapat berlangsung beberapa detik sampai dengan beberapa menit, kram pada pada malam hari sebenarnya belum diketahui pasti. Penyebab kram yang paling banyak diketahui orang adalah karena olahragra, berjalan, berenang dan lain sebagainya. Akan tetapi, di bawah ini adalah beberapa penyebab kram yang lainnya:

  1. Gangguan pada saraf
  2. Otot kaki mengalami cedera
  3. Kurangnya asupan vitamin atau mineral
  4. Dehidrasi
  5. Hormon yang tidak seimbang
  6. Efek samping dari obat
  7. Stres atau olahraga berlebihan
  8. Peningkatan tekanan otot betis saat masa kehamilan
  9. Penyakit kanker, seperti kanker, diabetes dan lain-lain.
  10. Gaya hidup yang tidak sehat
  11. Penyalahgunaan alkohol

11 penyebab di atas adalah penyebab yang banyak dikaitkan dengan masalah kram di malam hari. Setelah anda mengetahui beberapa penyebabnya, maka di bawah ini adalah langkah-langkah atau tips yang dapat anda lakukan untuk mengobati sakit kram pada malam hari.

Tips Mengobati Sakit Kram

  1. Anda dapat meminum obat penghilang rasa sakit yang telah disarankan oleh dokter
  2. Dapat menggunakan perban elastis demi mengompres area yang kram
  3. Pijat kaki dengan minyak atau krim yang dapat mengurangi rasa lelah pada otot
  4. Lakukan diet seimbang
  5. Gunakan es ke daerah yang kram demi mengurangi rasa kejang pada otot kaki anda.
  6. Hindari stres karena ini dapat membantu dalam meminimalisir masalah kram kaki
  7. Cobalah untuk istirahat yang cukup demi meringankan rasa sakit
  8. Olahragalah dengan teratur demi meregangkan otot dan menjaga kesehatan tubuh serta mengurangi masalah kejang otot.
  9. Perbanyaklah minum air dan beberapa makanan yang banyak mengandung air seperti jus buah atau susu demi terhindar dari masalah dehidrasi.
  10. Cobalah untuk menarik ujung kaki anda ke arah atas atau menekuknya ke arah dalam. Selain itu, tunggulah beberapa saat sampai rasa kram berkurang.

baca juga : Terkena Cacar? Ini 3 Cara Menghilangkan Bekas Cacar

Setiap orang biasanya akan mengalami masalah kram kaki pada suatu waktu tertentu. Salah satunya saat malam hari, dimana saat waktu itu adalah jam tubuh untuk beristirahat. Akan tetapi masalah kram otot ini dapat anda cegah atau atasi dengan menjaga pola makan dan olahraga secara teratur serta menghindari beberapa hal penyebab kram tersebut dapat terjadi.