Penyebab ISPA Pada Anak-Anak dan Orang Dewasa

Penyebab ISPA Pada Anak-Anak dan Orang Dewasa

Tren.Co.Id – Musim kabut asap masih terjadi di beberapa daerah di Indonesia misalnya di daerah Sumatera dan juga Kalimantan. Masalah kabut asap ini menjadi penyebab ISPA pada anak dan dewasa yang paling utama dan mendominasi. Tidak ada yang bisa menangani masalah ini yang hanya dapat mengantisipasi hal ini adalah hujan, jika hujan turun maka kabut asap pun akan berkurang.

ISPA adalah singkatan dari infeksi saluran pernafasan akut yang dapat menyerang saluran pernapasan mulai dari sinus sampai paru-paru. Anak-anak dan orang dewasa tidak luput mengalami masalah ini. untuk gejala ISPA sendiri biasanya penderita akan mengalami batuk, sesak napas dan lemas. Masalah ini masih dianggap sederhana namun akan menjadi parah jika menjalar ke ISPA Pneumonia.

Penyebab ISPA Pada Anak dan Dewasa

Faktor debu dan asap menjadi utama ISPA menjangkiti tubuh, debu dan asap memang benda halus yang tidak dapat terlihat. Namun, kedua hal ini dapat masuk ke lapisan mukosa sehingga nantinya terdorong menuju faring yang tidak dapat disaring oleh rambut pada hidung. Selain itu, karena hal ni juga dapat mengalami saluran pernapasan menjadi menyempit dan sel pembunuh bakteri menjadi rusak.

Bagi anda yang sering memasak dan juga merokok ternyata dapat mengalami ISPA. Walaupun masalah memasak jarang sekali dikaitkan dengan ISPA namun untuk sebagian koki ada yang mengalami ISPA. Hal ini disebabkan oleh asap yang ditimbulkan sewaktu memasak atau untuk perokok yang dapat menyebabkan ISPA.

Virus influenza juga menjadi penyebab anda mengalami ISPA. Penyakit ini juga menular dengan prantara batuk atau bersin. Bukan hanya manusia saja yang dapat mengalami virus influenza namun juga hewan oleh sebab itu jangan kontak langsung dengan hewan yang sedang mengalami virus influenza sebab ini akan menular. Namun, biasanya hewan yang kerap mengalami virus influenza adalah unggas liar.

Penderita yang mengalami adenovirus adalah mereka yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Virus ini memiliki lima puluh jenis yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan bagian atas, infeksi kandung kemih, ginjal, bahkan infeksi selaput bola mata.

Selanjutnya adalah Rhinovirus atau virus RNA dan merupakan bagian dari Picornaviridae famili. Virus ini memiliki 99 jenis dalam familinya. Jika anda mengalami pilek maka bisa saja ini disebabkan oleh Rhinovirus. Untuk orang dewasa hal ini memang dapat segera ditangani namun untuk anak-anak yang mendapatkan penanganan kurang tepat virus ini akan menjadi ISPA apalagi jika sistem tubuhnya lemah.

Itulah setidaknya 5 penyebab ISPA pada anak dan dewasa. Sebaiknya lakukan pencegahan agar ISPA tidak semakin parah.