Penyebab Rambut Rontok Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rambut Rontok Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rambut Rontok Dan Cara Mengatasinya

Ada banyak penyebab mengapa rambut seseorang terutama wanita menjadi rontok. Selain karena faktor eksternal, faktor internal juga dapat mempengaruhi dan menyebabkan rambut seseorang bisa menjadi rontok. Mengenali mengapa rambut menjadi rontok, akan memudahkan anda untuk mengambil tindakan yang tepat atau perawatan yang tepat untuk rambut.

Penyebab Rambut Rontok Dan Cara Mengatasinya

Beberapa penyebab mengapa rambut rontok di antaranya adalah:

1. Akibat folikel rambut yang diserang oleh autoimun

Hal ini dapat membuat rambut berhenti untuk tumbuh. Hal ini bukan hanya menyerang rambut kepala saja, melainkan seluruh rambut dan bulu yang tumbuh di badan. Dalam dunia medis masalah ini biasa dikenal dengan alopecia universalis. Yaitu kerontokan pada rambut yang diakibatkan oleh alopecia areata.

Untuk mengatasi kerontokan rambut akibat alopecia areata biasanya dilakukan dengan menemui dokter terdekat untuk mendapatkan solusi yang tepat.

2. Salah Menggunakan Shampoo

Salah memilih jenis shampo dapat mengakibatkan kerusakan pada rambut. Bahkan dapat mengakibatkan kerontokan. Hal ini biasanya ditandai dengan rambut yang menjadi kering dan bercabang. Oleh karena itu anda harus mengenali jenis rambut yang anda miliki dan shampoo apa yang cocok bagi rambut anda.

3. Kurangnya Nutrisi Dan Vitamin

Rambut yang tidak mendapatkan asupan nutrisi secara lengkap serta vitamin dapat menyebabkan rambut menjadi rusak, kehilangan keseimbangan, serta tidak sehat. Hal ini apabila dibiarkan dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan rontok

4. Sering Terpapar Sinar Matahari

Rambut yang sering terpapar sinar matahari dan sering terkena polusi udara dapat menyebabkan rambut menjadi rusak, kering dan rontok.

Nah, setelah kita mengenali beberapa faktor yang menyebabkan rambut menjadi rusak dan rontok. Sekarang kita bisa mengambil beberapa keputusan dan tindakan yang tentunya lebih baik dan tepat. Merawat rambut agar tetap sehat merupakan suatu kewajiban yang harus anda lakukan dengan telaten dan sabar.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi rambut rontok:

Jika anda sering beraktivitas di luar ruangan tanpa menggunakan pelindung bagi rambut seperti topi dan yang lainnya bisa jadi rambut anda akan rontok akibat sinar ultraviolet, radikal bebas, dan polusi yang anda temui di luar sana. Untuk mengatasi kerontokan rambut akibat masalah ini anda dapat menggunakan beberapa cara. Diantaranya, adalah:

  • Keramaslah secara rutin dengan menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis atau tipe rambut anda.
  • Gunakan masker rambut untuk memenuhi kebutuhan nutrisi rambut dan kulit kepala. Memberikan masker pada rambut paling tidak harus dilakukan seminggu sekali.
  • Krimbat rambut dan berikan pijatan-pijatan lembut untuk membuatnya menjadi rileks. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah maupun di salon.

Selain cara-cara di atas anda dapat menggunakan beberapa cara alami untuk mengatasi kerontokan pada rambut. Diantaranya adalah dengan menggunakan terapi air dingin. Terapi air dingin ini sangat mudah untuk dilakukan.

Caranya adalah

  • Ambil wadah, kemudian
  • Tempatkan air di dalam wadah tersebut, lalu
  • Diamkan selama satu malam
  • Keesokan paginya gunakan air tersebut untuk menyiram kulit kepala anda, lalu
  • Berikan pijatan-pijatan secara lembut, setelah itu
  • Shampoo dan bilas sehingga bersih.