Perbedaan Nyata Antara Facebook dan Twitter

Perbedaan Nyata Antara Facebook dan Twitter

Perbedaan Nyata Antara Facebook dan Twitter

Sekarang ini banyak sekali bermunculan media sosial di dunia maya. Seperti twitter, instagram, dan facebook. Ada yang menyebutkan bahwa facebook lebih populer bila dibandingkan dengan twitter. Namun sebagian pengguna lainnya lebih menyukai twitter karena berbagai perbedaannya. Ada beberapa perbedaan nyata antara facebook dan twitter yang mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi pengguna, sehingga menjadikannya mana yang lebih populer dan diminati. Apa sajakah hal menarik dari kedua media sosial ini? Sebentar lagi akan kita bahas melalui artikel perbedaan nyata antara facebook dan twitter ini.

Beberapa Perbedaan Nyata Antara Facebook dan Twitter

1. Jumlah Karakter
Perbedaan yang pertama ialah jumlah karakter update statusnya. Jika twitter dibatasi dengan karakter yang hanya 140 saja, sedangkan pada facebook yang awalnya anda bisa menuliskan hingga 160 karakter sekarang ini sudah ditingkatkan menjadi 420 karakter. Ya, tentu saja saat menggunakan twitter seorang pengguna harus menyingkat tulisannya untuk mengupdate statusnya.

2. Mengirim Komentar
Pengguna facebook bisa membalas status yang diupdate oleh pengguna lainnya dengan menulisnya di komentar yang ada di bawah status tersebut, seterusnya dengan berurutan. Berbeda dengan twitter. Untuk dapat mengonmentari status yang diupdate orang lain, anda harus mengupdate status baru dan menyertakan @namapengguna. Kebanyakan orang menilai di sinilah keistimewaan twitter. Karena ketika anda mendapati update status dari seorang pengguna yang hanya ditujukan untuk anda, tentu itu menjadi hal yang istimewa.

3. Pertemanan dan Follow
Salah satu perbedaan yang dirasakan lainnya ialah jika pada twitter kita harus memfollow pengguna lain untuk mengikuti update statusnya. Sebaliknya, jika ada pengguna lain yang memfollow kita tidak harus membalas dengan kembali memfollownya. Jadi update status dari pengguna yang tidak disukai tidak akan terlihat pada time line milik kita. Berbeda dengan facebook yang meminta pertemanan, sekali berteman maka secara timbal balik sudah sama-sama bisa melihat update status pengguna.

4. Tanpa Konfirmasi
Pada twitter tidak ada pengaktifan privacy sehingga semua orang bahkan yang tidak mempunyai akun bisa melihat update status di twitter. Tanpa adanya konfirmasi, semua orang dapat memfollow siapapun yang mereka suka. Mungkin alasan inilah yang memperkuat kebanyakan orang-orang berpengaruh lebih menyukai akun twitter, karena memang biasanya mereka akan difollow oleh ribuan pengguna. Tentu repot jika harus mengkonfirmasinya satu-satu. Berbeda dengan akun facebook yang memerlukan konfirmasi untuk berteman.

5. Game dan Quiz
Pengguna twitter difokuskan dengan update status yang bisa dibaca tanpa adanya tampilan game atau quiz seperti pada facebook. Hal inilah yang menyebabkan berita twitter jauh lebih update dibandingkan facebook. Apalagi ketika terjadi banyak berita penting yang biasanya memang bisa langsung menjadi trending topic, pengguna twitter bisa berkicau denga aktifnya di akun twitternya. Sedangkan facebook beritanya belum selalu update karena masih akan terlihat berbagai pengguna yang sedang bermain game serta quiz.

Nah, itulah beberapa perbedaan nyata antara facebook dan twitter. Mau pilih yang mana? Semuanya punya kelebihan masing-masing tergantung dengan kebutuhan anda sebagai penggunanya.