Peretas Gagal Membobol Uang 13 Triliun di Bank Bangladesh | Tren.co.id

Peretas Gagal Membobol Uang 13 Triliun di Bank Bangladesh | Tren.co.id

Peretas Gagal Membobol Uang 13 Triliun di Bank Bangladesh

Tren.co.id – Beberapa peretas secara tidak sengaja gagal mencuri uang sebesar 1 Milyar dollar AS atau bila dirupiahkan menjadi Rp. 13 triliun dari sejumlah pusat bank, kegagalan tersebut disebabkan kecerobohan mereka sendiri. Mereka salah mengeja instruksi yang diberikan secara online agar bisa menarik uang yang mereka inginkan.

Sebelumnya para peretas telah sukses menembus sistem perbankan Bangladesh serta dapat membobol kredensial yang digunakan untuk mengesahkan beberapa transferan dalam jumlah besar.

Selanjutnya peretas-peretas tersebut menyerang Bank Cadangan Federal New York atau The Fed dan meretas 40 permintaan migrasi secara besar-besaran dari akun sejumlah Bank di Bangladesh ke sejumlah entitas di negara Filipina dan Sri Langka. 4 permintaan migrasi uang sebesar 81 juta dollar AS ke negara Filipina tersebut sukses dilakukan.

Akan tetapi akibat salah eja pada permintaan ke lima sebesar 20 juta dollar AS untuk dimigrasi ke sebuah organisasi nirlaba di negara Sri Langka gagal total karena para peretas keliru menuliskan nama LSM Shalika Foundation. Peretas tersebut keliru menuliskan kata “Foundation” mereka menuliskan “Fandation”. Kekeliruan penulisan ejaan ini membuat salah satu bank yang diincar Deutsche Bank, tengah menyelidiki kasus tersebut dengan mengklarifikasi Bank di Bangladesh, agar kemudian transaksi tersebut tidak dilanjutkan kembali.