Permata “Blue Moon” Pecahkan Rekor, Terjual Seharga Rp.678 Miliar

Permata “Blue Moon” Pecahkan Rekor, Terjual Seharga Rp.678 Miliar

Permata “Blue Moon” Pecahkan Rekor, Terjual Seharga Rp.68 Miliar

Tren.Co.Id – Permata berbentuk luar biasa 12.03 karat yang lebih dikenal dengan nama “Blue Moon” mencatat rekor harga tertinggi dunia yaitu senilai US$ 48.4 juta atau setara dengan Rp.678 Miliyar dalam satu lelangan di Jenewa hari ini.

Perusahaan lelang Sotheby mengatakan, permata yang dianggap para ahli sebagai “Permata yang tidak ada celah cacatnya dan mengusik jiwa” itu dibeli oleh seorang kolektor pribadi dari Hong Kong, yang mengubah nama permata itu menjadi “The Blue Moon of Josephine”.

Rekor lelang itu dicatat sehari setelah satu lagi perusahaan lelang pesaing, Christie menjual permata merah muda 16.08 karat, batu permata terbesar dari jenisnya ditampilkan dalam setiap lelang dengan harga US $ 28,5 juta.

Manajer perusahaan Bagian Permata Internasional Sotheby, David Bennett, mengatakan penjualan Blue Moon “memecah beberapa catatan sekaligus membuat penghasilan batu permata itu paling termahal dengan keunikan warna dan memperoleh harga tertinggi di semua lelang permata hingga sejauh ini.

Permata yang ditatahkan di sebuah cincin itu mengungguli pemegang rekor dunia yaitu permata “Graff Pink” 24.78 karat, yang juga dilelang oleh Sotheby dengan harga US $ 46.2 juta pada November 2010 lalu.

Blue Moon ditemukan di Afrika Selatan, Januari tahun lalu dan itu adalah batu biru terbesar yang dirancang dengan desain yang dikategorikan sebagai “fancy vivid”.

Ahli batu permata mengatakan, permata yang memiliki warna semakin digemari dan mendapat perhatian pembeli barang mewah, terutama permata biru dan merah muda sepanjang lelang permata yang diadakan di Jenewa, minggu ini.