Pertama Dalam Sejarah, Wanita Arab Bisa Mencalonkan Sebagai Dewan | Tren.co.id

Pertama Dalam Sejarah, Wanita Arab Bisa Mencalonkan Sebagai Dewan | Tren.co.id

Tren.Co.Id – Demam pemilu mulai melanda Arab Saudi dengan kampanye untuk Pemilu Kota yang ketiga pada 12 Desember ini dan dimulai hari ini, proses pemilihan bersejarah yang menyaksikan wanita untuk pertama kalinya dapat bertindak sebagai calon dan pemilih.

Departemen Kota dan Urusan Pedesaan Arab Saudi turut meluncurkan sebuah situs pemilu, intekhab.gov.sa yang menjelaskan semua rincian tentang proses pemilu itu yang pernah diadakan pada 2005 dan 2011.

Anggota Komite Eksekutif dan Ketua Media untuk Pemilu, Hamad Al Omar mengatakan, satu bebas pulsa juga dibuat untuk membantu pemilih selain satu aplikasi sistem pengundian yang dapat diakses melalui smartphone.

Kementerian memperkenalkan langkah-langkah itu untuk memastikan kampanye pemilu dibuat dengan bebas, efisien dan mudah dengan komite eksekutif telah bekerjasama dengan perusahaan telekomunikasi sehingga semua pendekatan tersebut sampai kepada pemilih.

“Agak penting bagi pemilih untuk memilih calon yang tepat. Wakil yang dipilih diharapkan meningkatkan layanan kota dan terlibat dalam pengembangan kawasan perumahan, desa, dan kota-kota, ” kata Hamad sebagaimana yang kami kutip dari sebuah portal Berita di Arab.

Proses pendaftaran pemilih dibuat di Mekah dan Madinah pada 16 Agustus lalu, sementara wilayah sisanya di Arab Saudi dilakukan pada 22 Agustus lalu yang berlangsung selama 21 hari.