Pikir Positif, Coba 3 Cara Bijak Menghadapi Kritikan Pedas | Tren.co.id

Pikir Positif, Coba 3 Cara Bijak Menghadapi Kritikan Pedas | Tren.co.id

Tren.co.id – Ketika menerima kritikan sebaiknya kamu jangan langsung down atau berpikir negatif. Kritikan itu bagus yang tujannya merubah diri agar menjadi lebih baik.

Setidaknya inilah beberapa cara yang harus kamu lakukan ketika dikritik orang lain.

1. Jangan bersikap defensif

Ketika atasan kamu, atau rekan kamu mengkritik tentang suatu hal, cobalah jangan bersikap defensif atau membela diri. Karena itu akan membuat kamu terlihat seperti orang yang tidak suka menerima kritikan dari orang lain. Sebaiknya tarik nafas dalam-dalam, lalu tanyakan secara lebih jelas apa yang membuat orang lain terganggu dengan sikap kamu. Maka dari situ akan terlihat jelas kritikan itu membangunkah atau sekadar untuk menjatuhkan.

2. Sembunyikan rasa badmood

Mayoritas orang pasti langsung badmood saat dirinya dikritik. Sebaiknya anda harus bersikap santai, terutama di depan orang tersebut. Ketika kamu terlihat tidak suka maka ini akan membuat kamu terlihat sebagai pribadi yang tidak mau dikritik.

Cobalah berfikir kalau yang salah adalah performa kamu, bukan diri kamu secara utuh. Dan itu semua masih bisa diperbaiki, karena sekarang kamu sudah mengetahui secara jelas letak kesalahan kamu.

3. Rileks

Ketika mendengar kritikan dan mood sudah semakin buruk, ada baiknya kamu mencoba rileks dan lakukan hal-hal yang kamu sukai agar pikiran-pikiran negatif itu segara angkat kaki dari otak kamu. Lakukan hal yang benar-benar bisa membuat bahagia, seperti mengajak pasangan dinner atau menonton video dan film-film yang lucu mungkin?