Polres Pelabuhan Tanjung Perak Gagalkan Penyelundupan Narkoba Senilai Rp 6 Miliyar | Tren.co.id

Polres Pelabuhan Tanjung Perak Gagalkan Penyelundupan Narkoba Senilai Rp 6 Miliyar | Tren.co.id

Surabaya,HukumKriminal.com Sabu seberat 2,1 kilogram dan 9.000 butir pil ekstasi dengan berat total 2,9 kilogram yang akan diselundupkan berhasil digagalkan pihak Kepolisian Resort Tanjung Perak, Surabaya.

Tiga tersangka yang berhasil diringkus adalah warga Kalimantan Timur, yaitu Rudjian (35), asal Samarinda, Idris juga asal Samarinda serta Zulkarnain (40), warga Balikpapan.

Kepala Kepolisian Daera Jawa Timur, Irjen Pol Anas Yusuf di Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak mengatakan pada wartawan, Selasa (10/3/2015). Saat ini pihaknya memburu dua tersangka yang berhasil kabur saat penggerebekan di atas Kapal Kumala, yang transit di Pelabuhan Tanjung Perak.

“Barang bukti yang kita sita total ada 5 kilogram narkoba. Rinciannya 2,1 kilogram sabu-sabu dan 9 ribu butir ekstasi dengan berat total 2,9 kilogram, jadi total ada 5 kilograman. Kalau nilai totalnya, semua narkoba ini senilai sekitar Rp 6 miliaran,” kata Anas didampingi Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Awi Setiyono dan Kapolres AKBP Arnapi, Surabaya.

Saat kapal yang mereka tumpangi transit di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, aksi para pelaku tercium oleh polisi. Tiga pelaku berhasil ditangkap, dua tersangka lainnya berhasil kabur dan masih dilakukan pengejaran.

Kapolda menduga barang haram itu dari luar negeri “Dugaan kita, mereka yang berhasil kita amankan ini adalah orang-orang dengan jaringan internasional. Sebab, pengiriman barang-barang ini cukup jauh,” pungkasnya.(Don/HK)