Resep Pempek Udang Lezat | Tren.co.id

Resep Pempek Udang Lezat | Tren.co.id

Tren.co.id – Bila umumnya pempek Palembang dibuat dari bahan ikan tenggiri yang cukup mahal dan tak selalu terdapat di pasar, kini anda dapat membuat pempek Palembang menggunakan sedikit variasi, dari bahannya yang diganti udang. Selain gampang diperoleh, udang pun harganya lebih terjangkau.

Bahan-bahan bahan yang diperlukan untuk membuat pempek udang adalah 100 gr udang kupas, 100 gr tepung terigu, 30 gr tepung tapioca, 1 butir telur, 2 siung bawang putih, 2 batang selendri dan daun bawang yang dicincang, 1 sdt garam, air panas dan minyak goreng secukupnya.

Bahan yang diperlukan untuk membuat cuko yaitu 4 siung bawang putih, 5 buah cabai rawit dan cabai keriting, 1 sdm gula merah, 3 buah asam jawa yang dilarutkan dengan air 100 ml, ¼ sdt garam dan 300 ml air.

Cara Resep Pempek Udang Pembuatannya :

  1. Tambahkan tepung terigu, tapioca, telur dan garam jadi satu. Blender udang dan bawang putih hingga halus, tambahkan sedikit air. Lalu campurkan ke adonan tepung, aduk hingga rata.
  2. Masukkan daun selendri dan bawang. Sambil masukkan sedikit demi sedikit air panas sampai adonan berbentuk kalis.
  3. Tuang ke dalam plastic panjang dan ikat. Lalu kukus sampai matang atau sekitar 20 menit.
  4. Tiriskan dan diamkan sampai dingin. Buka bungkusan plastiknya, iris-iris pempek sesuai selera. Goreng sampai berwarna kecoklatan.
  5. Buah kuah cuko. Lalu cocol di pempek udang.

Pempek udang dijamin tak kalah sedap ketimbang pempek asli ikan tenggiri. Yuk, coba buat di rumah.