Ribuan Umat Hindu Bali merayakan Hari Suci Siwaratri

Ribuan Umat Hindu Bali merayakan Hari Suci Siwaratri

Ribuan Umat Hindu Bali merayakan Hari Suci Siwaratri

Ribuan Umat Hindu Bali merayakan Hari Suci Siwaratri yang jatuh setiap 420 hari. Siwarâtri yang berarti malam renungan suci atau malam peleburan dosa yang jatuh pada Purwanining Tilem ke VII, yaitu sehari sebelum bulan mati sekitar bulan Januari. Pada hari ini para Umat Hindu melakukan puasa dan yoga samadhi dengan maksud untuk memperoleh pengampunan dari Hyang Widhi atas dosa yang diakibatkan oleh awidya (kegelapan).

Metrotvnews.com. Umat Hindu Bali merayakan Hari Suci Siwaratri, yaitu hari perenungan dan penyadaran diri, mulai Senin (19/1/2015). Perayaan dipusatkan di pelataran Pura Besakih, Denpasar, tempat suci terbesar umat Hindu Bali di Pulau Dewata.

Pelaksanaan kegiatan ritual Siwaratri ini berlangsung di masing-masing Desa Pakraman (Adat) seluruh Bali yang jumlahnya 1.480 desa. Para siswa beragam Hindu juga melaksanakan perayaan di sekolah pada sore hari hingga malam.

Khusus pada perayaan hari Siwaratri ini, Pemprov Bali dan kabupaten/kota di Bali memberlakukan libur fakultatif untuk jajaran PNS di Pemda maupun siswa guna memudahkan umat dalam menunaikan ritual yang jatuh setiap 420 hari.

Menurut Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Bali, I Gusti Ngurah Sudiana, inti dari proses penyadaran dan instrospeksi diri ini ditandai dengan brata (pengendalian diri) seperti upawasa (tidak makan minum), monabrata (tidak berbicara), dan jagra (tidak tidur/perenungan). (Ruta Sunarya)
JCO