Rusia Luncurkan Serangan Udara Pada Kelompok Penentang Suriah

Rusia Luncurkan Serangan Udara Pada Kelompok Penentang Suriah

Rusia Luncurkan Serangan Udara Pada Kelompok Penentang Suriah

Tren.Co.Id – Tentara Rusia meluncurkan serangan udara terhadap wilayah yang dikuasai kelompok penentang Suriah di dekat perbatasan Suriah-Turki yang menjadi lokasi jet tempur Sukhoi Su-24 ditembak jatuh oleh militer Turki baru-baru ini.

Portal Mail Online melaporkan, serangan besar-besaran itu dilancarkan kepada kelompok Turki yang mengklaim menembak mati pilot jet milik Rusia itu ketika korban menyelamatkan diri menggunakan parasut setelah pesawat tersebut jatuh.

Kelompok penentang pemerintah Suriah itu turut menyiarkan salah satu rekaman yang menunjukkan mereka bersorak dan meneriakkan ‘Allahu Pers’ ketika menemukan mayat Letnan Kolonel Oleg Peshkov.

Presiden Rusia, Vladimir Putin hari ini mengkonfirmasi bahwa seorang lagi pilot, Kapten Konstantin Murahtin diselamatkan oleh tentaranya setelah operasi bersama pemerintah Suriah selama 12 jam dan kini dibawa ke sebuah pangkalan militer Rusia.

Badan Pemantau Hak Asasi Suriah mengatakan, setidaknya 12 serangan udara menargetkan interior Latakia ketika tentara pemerintah Suriah bentrok dengan kelompok penentang Turki dan Front Nusra di Jabal Akrad dan Jabal Turkman.

Seorang komandan kelompok Turki mengatakan, serangan rudal diluncurkan dari kapal perang Rusia di Laut Mediterania.

Sementara itu, Ankara dan Moskow masing-masing menyalahkan antara satu sama lain atas insiden jet tempur ditembak jatuh tersebut.

Murahtin dalam sebuah wawancara membantah menerima peringatan dari pilot pesawat F16 milik Turki sebelum ditembak jatuh meskipun rekaman audio sehubungan peringatan dan konfirmasi tersebut disiarkan oleh tentara Amerika Serikat (AS).

Dia membantah memasuki wilayah udara Turki, bahkan ia memastikan bahwa ia tidak menginvasi wilayah negara itu.