Sahabat Jadi Solusi Penghilang Stres, Benarkah?

Sahabat Jadi Solusi Penghilang Stres, Benarkah?

Tren.Co.Id – Sebagian orang berpendapat bahwa sahabat bisa membuat masalah kita menjadi cepat selesai dan juga dapat menghilangkan stress. Namun percayakah anda? pada studi baru dikatakan bahwa ketika seseorang dalam keadaan stress, berada di dekat teman ekat atau sahabat dapat menurunkan kadar hormone kortisol atau hormone pembuat stress pada tubuh anda.

Para peneliti menuliskan dalam studinya mengenai hal ini, hasil dari penemuan ini akan berdampak baik dalam pemahaman hubungan yang akrab. Dapat pula berfungsi sebagai bumper ketika anda sedang mengalami masalah yang berat.

Dalam penelitian ini, Adams dan koleganya mengumpulkan anak-anak yang berusia 10-12 tahun berjumlah 100 anak dan memberikan mereka tugas untuk menuliskan jurnal sebanyak lima kali dalam sehari selama empat hari sekolah.

Dalam tulisan tersebut, mereka mengindikasikan perasaan yang mereka rasakan pada waktu 20 menit terakhir pada waktu menulis jurnal tersebut. Hal tersebut tentu berlaku juga apa yang ia rasakan saat menghabiskan waktu terhadap salah seorang orangtuanya, kakak, adik, teman sekelas, orang aisng, sahabat, pacar, guru, dan orang lainnya.

Peneliti ini juga menguji kadar hormone kortisor dengan menggunakan sampel air liur.

Hasilnya, mereka menemukan, pada saat sulit, anak-anak dapat melewatinya dengan sahabat mereka. Hal itu akan memproduksi lebih sedikit hormone kortisor ketimbang pada orang yang tidak melewatinya bersama sahabat terdekatnya.

Seperti yang dilansir pada Huffington Post, Minggu (14/2/2016), walaupun penelitian ini dilakukan pada anak-anak, tetapi peneliti yang lain mengatakan bahwa lingkungan kerja yang akrab dapat meningkatkan kesehatan pekerja.