Selain Meminjam, 3 Alternatif Ini Bisa Dijadikan Modal Bisnis

Selain Meminjam, 3 Alternatif Ini Bisa Dijadikan Modal Bisnis

Tren.co.id – Modal merupakan sesuatu hal penting yang harus dimiliki untuk memulai bisnis. Namun sayangnya, banyak orang yang kerap terkendala dengan modal. Alhasil, banyak orang yang tidak pernah memulai usaha dikarenakan modal. Kendati pun berhasil memulai, banyak juga yang gagal di tengah jalan dalam melanjutkan bisnisnya.

Memang saat ini tidak sulit untuk mendapatkan modal, karena anda bisa membawa jaminan ke lembaga pembiayaan untuk mendapatkan uang. Namun, meminjam tentu akan membebani anda ketika harus melunasinya. Karena apabila angsuran terhambat, kemungkinan aset-aset anda akan diambil alih. Oleh sebab itu, siapapun anda yang hendak berbisnis harus mencari alternatif selain meminjam, seperti berikut.

Menabung

Meski konvensional, cara ini akan memberikan anda modal yang cukup. Sisihkanlah gaji anda untuk dijadikan modal dan jangan pernah gunakan tabungan tersebut untuk keperluan lain. Bila anda sudah menjalankan bisnis, sisihkanlah keuntungannya secara rutin untuk dijadikan dana cadangan operasional agar bisnis anda bisa terus lanjut.

Menjalin kerjasama dengan teman

Hubungi teman-teman yang anda rasa potensial untuk membantu permodalan. Saat bertemu, sampaikanlah visi-misi bisnis anda dan ajak mereka untuk bergabung. Dengan cara ini, anda tidak perlu meminjam uang karena teman anda sendiri ikut terlibat.

Penggalangan dana

Di zaman digital seperti sekarang ini, penggalangan dana dapat dilakukan secara online tanpa harus bertatap muka secara langsung. Anda dapat memanfaatkan situs penggalangan dana atau crowdfunding untuk mencari investor dan sponsor. Ajukanlah proposal yang menarik dan realistis agar anda mendapatkan dana dari investor atau sponsor. Di luar negeri, ada situs crowdfunding Indiegogo dan Kickstarter yang populer. Sementara di Indonesia, ada situs Wujudkan, KitaBisa, dan GandengTangan yang dapat anda coba.