Serangan Paris, Google Dan Facebook Aktifkan “Safety Check”

Serangan Paris, Google Dan Facebook Aktifkan “Safety Check”

Serangan Paris, Google Dan Facebook Aktifkan “Safety Check”

Tren.Co.Id – Situs jejaring sosial terus diperbarui dengan cepat guna membantu orang agar terus mengikuti perkembangan serangan berdarah di Paris pada Jumat sore (13/11/2015) kemarin.

Facebook selaku media sosial terbesar saat ini telah mengaktifkan Safety Check dengan menekan tombol “Saya Selamat” untuk membantu warga paris yang masih selamat. Fitur ini juga untuk memungkinkan teman dan saudara mencari informasi tentang tragedi itu.

CEO Facebook Mark Zuckerberg turut berduka kepada penduduk Paris.

“Kami sudah mengaktifkan Safety Check, jadi jika Anda berada di Paris, Anda bisa klik tombol Anda aman atau dapat memeriksa teman dan keluarga yang lain,” katanya di situs Facebook pada malam Jumat.

Zuckerberg mengumumkan fitur itu pada April lalu setelah gempa di Nepal untuk membantu penduduk yang tinggal di daerah rawan bencana.

Google juga mengumumkan dukungan mereka kepada pengguna untuk berkomunikasi dari setiap lokasi ke Perancis secara gratis menggunakan panggilan Google Hangouts yang memungkinkan Voice Over Internet Protocols (VoIP) terhubung dengan Google Voice.

Diluncurkan pada September 2014, aplikasi itu memungkinkan pengguna untuk membuat panggilan ke nomor telepon melalui sambungan data.

Pengguna dapat menghubungi dengan nomor kode telepon Prancis +33 secara gratis dengan kaitan serangan Paris.

Pengguna Twitter juga meluncurkan hashtag #PorteOuverte untuk membantu orang mencari perlindungan dari serangan itu.

Sebagai informasi, Paris pada Jumat malam kemarin mendapat serangan dari militan islam (ISIS) yang diklaim sebagai kejadian terburuk sejak Perang Dunia Kedua yang menewaskan 120 orang di kota itu.