Sholawat Jibril : Bacaan Arab Latin, Cara Mengamalkan dan Manfaanya

Sholawat Jibril : Bacaan Arab Latin, Cara Mengamalkan dan Manfaanya

Posted on

Membaca sholawat Nabi Muhammad menjadi suatu amalan yang sangat mudah dilakukan namun memiliki manfaat yang luar biasa. Karena beliau merupakan manusia yang paling mulia dan membawa syafaat bagi kita semua yang bersholawat kepadanya. Namun tidak banyak yang mengetahui mengenai sholawat Jibril.

Sholawat Jibril atau yang bisa juga disebut sholawat Jabroil ini merupakan salah satu sholawat Nabi yang singkat. Alasan dinamakan sholawat Jibril dikarenakan yang pertama membacanya adalah Malaikat Jibril. Meskipun singkat, ternyata sholawat Jibril ini bisa memberikan dampak yang baik bagi kita yang mengamalkannya. Salah satunya adalah untuk memperoleh salam dan sambutan dari para malaikat ketika kita sedang mengalami sakaratul maut. Cara pembacaannya agar memperolah hal baik tersebut yaitu dengan membacanya minimal tiga kali setelah selesai sholat fardhu.

Cara Mengamalkan Bacaan Sholawat Jibril

Cara Mengamalkan Bacaan Sholawat Jibril

Selain memperoleh salam dan sambutan dari para malaikat, sholawat Jibril bisa untuk memperoleh kekayaan. Namun itu semua harus diamalkannya dengan niat dan hati yang bersih. Karena sholawat ini diijazahkan oleh para kyai dan sesepuh yang lahir sebelum kita.

Apabila kita mengamalkannya secara konsisten, keberkahan yang kita dapat akan lebih cepat terasa dibandingkan dengan hanya memfokuskan ke jumlah bacaan dalam sehari. Cobalah kita mulai dengan membacanya minimal 100x di setiap harinya. Atas izin Allah, kita akan mendapatkan manfaatnya sesegera mungkin.

Sholawat Jibril memang dikenal membuat rezeki mengalir. Sebab, sholawat Jibril sebagai penarik rezeki yang kuat yang bisa melancarkan usaha atau pekerjaan yang kita miliki. Apabila kita mengamalkannya, kita akan mendapatkan rezeki yang tidak terduga darimana asalnya. Berikut adalah bacaan sholawat Jibril:

Sholawat Jibril Arab Latin dan Artinya:

Sholawat Jibril Arab Latin dan Artinya

“Shallallahu ‘alaa Muhammad.”

Artinya: “Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada Nabi Muhammad.”

Untuk mendapatkan keberkahan dari bacaan di atas, terdapat beberapa anjuran yang bisa kita lakukan. Pertama, kita membaca sholawat Jibril sebanyak seribu kali ( 1000 x). Kedua, kita bisa membaca sholawat Jibril sebanyak tiga ribu tiga ratus tiga puluh tiga kali ( 3.333 x ). Ketiga, kita bisa membaca sholawat Jibril sebanyak tujuh ribu kali ( 7000 x ). Terakhir, kita bisa membaca sholawat Jibril sebanyak sebanyak sepulu ribu kali ( 10.000 x ). Bacaan ini dibaca dalam satu hari.

Anjuran pembacaan sholawat ini bisa disesuaikan dengan kemampuan dari kita masing-masing. Namun hal yang paling harus kita ingat bahwa mengamalkan sholawat Jibril harus konsisten. Konsisten di sini merupakan kunci dari keberhasilan mendapatkan berkah dari sholawat ini.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kita bisa mengimbanginya dengan doa pelengkap sholawat Jibril. Doa ini bisa membuat rezeki kita lebih mengalir dari yang tidak kita sangkakan. Di bawah ini adalah doa pelengkap sholawat Jibril:

Doa Pelengkap Sholawat Jibril

“Bismillahirrahmaanirrahiim.. Allahumma a’thinii tsawaaba shollallahu ‘alaa Muhammad an tarzuqonii syaian asta ‘ilnu bihi ‘alath-thoo’ah. Subhaana robbil ‘izzati ‘ammaa yashifuun. Wassalamun ‘alal mursalin. Walhamdulillaahi robbil ‘aalamiin.”

Artinya:

Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, datangkanlah padaku pahala, berilah rizqi padaku, dan sesuatu yang dapat menolongku untuk taat. Maha Suci Tuhan yang Maha Mulia dari apa yang mereka sifatkan dan salam sejahtera untuk para Rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam.

Sholawat Jibril Untuk Pengobatan

Apapun jenis sholawat Nabi, apabila kita membacanya semata-mata karena Allah, kita bisa sembuh dari penyakit hati. Begitupun dengan sholawat Jibril. Ketika kita sedang mengalami hati yang bimbang atau keresahan yang ada dalam hati, kita bisa membacanya hingga hati kita terasa nyaman. Bahkan atas izin Allah, sholawat Jibril bisa sebagai penyembuh penyakit jasmani. Karena pada hakikatnya, tidak akan ada penyakit melainkan Allah yang sudah membuat penawarnya dengan berbagai perantara apapun .

Selain memiliki manfaat atau faedah yang sudah disebutkan sebelumnya, sholawat Jibril mempunyai beberapa keutamaan yang perlu diketahui oleh kita semua. Menurut Imam Syaro’ni dalam kitab At-Thobaqotul Kubro, Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang membaca sholawat Jibril, maka dia telah membuka 70 pintu rahmat untuk dirinya sendiri dan Allah tanamkan rasa cinta di hati hamba-Nya untuk dirinya. Maka tidak ada seorang yang marah kepadanya kecuali di dalam hatinya ada rasa iri (munafik).”

Sholawat Jibril untuk Jodoh

Berdasarkan hadits tersebut, sholawat Jibril bisa membukakan pintu hati agar orang-orang bisa mencintai kita. Sholawat Jibril sangat cocok bagi kita yang masih single atau yang sedang mencari pasangan. Bila kita membacanya, tidak akan ada orang yang membenci kita. Kecuali jika memang orang tersebut memiliki sifat iri yang merupakan salah satu tanda orang munafik.

Ternyata bukan hanya bisa dijadikan untuk mencari pasangan, sholawat Jibril bisa juga untuk meluluhkan atasan yang galak. Dengan membaca sholawat ini, atasan kita bisa luluh dengan kita. Dia akan lebih baik kepada kita, lebih ramah, bahkan bisa saja memberikan kelonggaran dalam kerja. Atau dia bisa saja memberikan sesuatu kepada kita dengan hal yang sangat diidamkan yaitu kenaikan gaji atau diberi bonus.

Bagi yang sudah memiliki keluarga, membaca sholawat Jibril bisa membuat keluarga menjadi rukun dan dihindarkan dari pertengkaran. Allah menjadikan keluarga kita menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah. Selain itu, keluarga kita akan terhindar dari segala hasutan orang lain yang teramat membenci kita beserta keluarga kita. Kehidupan keluarga kita akan terasa aman dan nyaman, serta saling mengasihi satu sama lain.

Begitu pun dengan kehidupan sosial kita. Kita akan mempunyai orang-orang yang selalu mendukung  kita dalam kondisi apapun. Orang-orang yang berada di sekitar kita akan mencintai dan menyayangi kita. Dengan membaca sholawat Jibril, musuh yang ada di hidup kita perlahan menghilang dan diganti dengan kepedulian terhadap kita.

Manfaat Sholawat Jibril

Berikut ini merupakan faedah dan keutamaan sholawat Jibril bagi kita yang membacanya. Namun perlu diingat kembali, membaca sholawat Jibril diperlukan keikhlasan dan istiqomah.

  1. Dicintai oleh banyak orang, khususnya orang yang berada di sekitar kita.
  2. Diberikan rizqi yang melimpah dari Allah.
  3. Memiliki banyak orang yang bisa mendukung baik di pekerjaan, di keluarga, maupun di sekolah atau kampus.
  4. Diberikan perlindungan oleh Allah dalam berbagai kondisi.
  5. Tumbuhnya rasa selalu ingin mengikuti sunnah Rasulullah agar kelak kita bisa mendapatkan syafaat beliau.

Bacaan Sholawat Jibril Bikin Rezeki Mengalir

Bacaan Sholawat Jibril Bikin Rezeki Mengalir

Mengenai Bacaan Sholawat Jibril Bikin Rezeki Mengalir, Belum ada yang menyatakan bahwa sholawat ini (sholawat Jibril) bid’ah. Karena sebenarnya Rasulullah tidak membatasi dengen bilangan tertentu dalam membaca sholawat kepadaya. Maka dari itu, sebaiknya apabila kita ingin mendapatkan faedahnya, bersholawatlah terserah jumlahnya berapa dan senyaman kita. Jumlah bacaan yang telah disebutkan sebelumnya, hanyalah sebagai acuan apabila kita ingin mengetahui jumlah yang baiknya seberapa.

Allah tidak membutuhkan seberapa banyak amalan kita, melainkan diri kita sendirilah yang membutuhkan amalan tersebut. Oleh karena itu, mintalah yang tulus kepada Allah, Tuhan yang Maha Pemberi segalanya. Semoga kita selalu diberi perlindungan oleh Allah dari kesesatan, diberikan jalan yang lurus, dan keyakinan yang bathil di dalam hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *