Studi : Orang Cerdas Cenderung Lebih Suka Menyendiri | Tren.co.id

Studi : Orang Cerdas Cenderung Lebih Suka Menyendiri | Tren.co.id

Tren.co.id – Pernah ada yang ngomong kalau anda adalah orang pendiam, hobi menyendiri atau gak mau bergaul dengan orang lain ? Ya, karena memang nyatanya anda lumayan susah dalam bergaul dan bicara atau berhubungan dengan orang lain. Bila seperti ini, anda tak usah cemas atau galau, kenapa ?

Sebah riset yang dilakukan oleh beberapa psikologi evolusioner di Singapura dan London membuktikan bahwa mereka lebih cendurung menyukai kesendirian sebetulnya merupakan orang cerdas dan mempunyai IQ berada di atas rata-rata.

Dilansir oleh laman dailymail.com, sejumlah peneliti membuktikan bahwa orang cerdas merasa kesusahan dalam berinteraksi social dan hanya basa-basi bersama orang disekitarnya. Menurut studi yang mengikutkan sampel sebanyak lebih dari 15 ribu dimana sampel itu mempunyai rentang usia 18 hingga 28 tahun, dibuktikan bahwa makin dekat seseorang pada teman dan saudara menjadikan mereka bahagia. Namun, rupanya hal ni tak berlak untuk orang-orang yang cerdas IQ berada di atas rata-rata.

Orang-orang yang mempunyai IQ berada diatas rata-rata malah merasa tertekan ketika ia berkumpul dan bersosialisasi dengan orang-orang disekitar. Orang-orang cerdas juga mengatakan mereka kesusahan dalam bersosialisasi dan berbincang dengan teman-temannya.

Satosi Kanazawa Di London School Pf Economics And Political Science dan Norman Li di Singapura Management University mengatakan bila orang-orang ber-IQ rata-rata atau rendah nyatanya bahagia ketika ia berjumpa dan bersosialisasi pada orang banyak.Sementara orang-orang ber-IQ di atas rata-rata ternyata lebih suka menyendiri dan tidak tertarik untuk bersososialisasi bersama banyak orang. Terlebih, bila sosialisasi ini tak membuatnya diuntungkan.

“Orang-orang yang cerdas dan ber-IQ tinggi lebih suka menyendiri. Ia merasa nyaman dengan kehidupan dan hidupnya. Mereka malah merasa tertekan dan tak bahagia ketika ia berkumpul dengan orang banyak”. ucap Kanazawa.

Walau cenderung suka menyendiri dan tak suka bersosialisasi, bukan maksudnya orang-orang ini tak mendapatkan kesuksesan dan bukan orang yang special ya? Di tahun 2013, sebuah penelitian dilakukan Richard Depue di Cornell University membuktikan bahwa mereka suka menyendiri malah makin mudah dalam memperoleh kesuksesan.

Terjadinya hal ini karena mereka dapat focus pada dirinya dan apapun keinginan yang mau dicapai dengan baik. Mereka yang lebih suka menyendiri juga adalah orang yang cerdas dan mempunyai banyak ide cemerlang. Mereka yang lebih suka menyendiri berkata lebih matang dan tak ceroboj terlebih mudah dipengaruhi orang lain. jadi, gimana nih dengan anda, apa anda juga suka menyendiri ?