Studi Terbaru Akibat Radiasi Ponsel | Tren.co.id

Studi Terbaru Akibat Radiasi Ponsel | Tren.co.id

Tren.co.id – Suatu studi yang dihasilkan oleh National Taxicology Program berhasil membuktikan hubungan yang ada di antara pengguna ponsel sama kanker. Hubungan itu didapatkan menggunakan uji coba pada tikus jantan yang kena frekuensi radiasi dari ponsel. Tikus itu diuji coba kena radiasi dari ponsel sehari dalam Sembilan jam.

Sebelas dari 540 tikus punya perkembangan tumor otak yang ganas. Sementara 19 dari 540 tikus punya pertumbuhan tumor jantung yang juga bisa didapat di saraf akustik. Sementara tikus di kelompok control yang tak kena pancaran radiasi ponsel, tidak didapat pertandatumbuhnya tumor.

Pada kesempatan sebelumnya diungkapkan jenis dari radiasi yang dibuang oleh ponsel, bukanlah jenis yang serupa dengan pemicu kanker pasalnya dinilai sangat lemah dalam mengganti DNA. Tapi fakta memperlihatkan bahwa tumor itu didapat di sebagian tikus jantan yang adalah anggota dari tes baru. sebagian ilmuwan juga mengungkapkan perkembangan tumor tersebut hanya kebetulan.

‘’ Temuan ini tidaklah terduga, kami tak berharap pancaran non-ionizing memicu tumor. Ini merupakan contoh mengapa studi yang serius begitu penting guna melakukan evaluasi terhadap risiko kanker, ‘’ungkap Otis Brawley selaku kepala media American Cancer Society, seperti yang telah dikutip dari Phone Area, Senin 30 Mei 2016.

Berdasarkan laporan Wall Street Journal, tes itu menggunakan tikus sebagai alat percobaan radiasi sinyal di handset GSM dan CDMA yang berkisar 900 MHz bagi tikus yang besar dan 1.900 MHz bagi tikus berukuran kecil. Mereka kena pancaran tiap 10 menit selama 18 jam sehari lebih.